Selamat Tinggal Repsol di GP Portugal?

HRC berusaha menemukan sponsor utama lainnya di MotoGP. Perusahaan minyak Inggris-Belanda yaitu Shell.

'Epic Comeback' Marquez akan Terjadi di Aragon 2020?
'Epic Comeback' Marquez akan Terjadi di Aragon 2020?

RiderTua.com – Ucapan selamat tinggal untuk Repsol mungkin akan terdengar di seri pamungkas di GP Portugal. Repsol dan Honda bisa jadi akan menutup kemitraan setelah musim MotoGP 2020 ini. Kontrak keduanya akan berakhir pada 31 Desember 2020. Keadaan darurat kesehatan menyusul krisis ekonomi dan absennya Marc Marquez menjadi pemicu yang tidak bisa diubah. Diberitakan media Spanyol perusahaan minyak Repsol berisiko menutup tahun 2020 ini dengan kerugian 60%…!

Selamat Tinggal Repsol di GP Portugal?

Pada Juli 2018 lalu Repsol dan Honda memperbarui kerjasamanya hingga akhir musim MotoGP 2020. Sebuah kolaborasi kuat yang telah berlangsung selama lebih dari 25 tahun. Dan bisa jadi berakhir setelah balapan seri terakhir di Portimao yang dijadwalkan pada 22 November.

Dugaan perpisahan ini muncul selama beberapa waktu dan kurangnya hasil di MotoGP saat ini bisa menjadi pemercepat perceraian itu. Di Catalunya Alex Marquez dan Stefan Bradl masing-masing tidak mampu melebihi posisi 13 dan 16. Hasil yang tidak terpikirkan sampai beberapa bulan lalu, untuk tim yang memonopoli di MotoGP.

Selamat Tinggal Repsol di GP Portugal
Selamat Tinggal Repsol di GP Portugal

Krisis ekonomi akibat kesehatan global mendorong kondisi perpisahan ini lebih jauh. Meskipun bersama-sama mereka telah memenangkan total 15 gelar dunia di kelas utama, enam yang terakhir dengan Marc Marquez. Kontrak tersebut akan berakhir pada 31 Desember 2020 dan belum ada kabar mengenai hal itu. Baik Honda dan Repsol sedang melalui masa-masa sulit.

Perusahaan minyak harus menghadapi jatuhnya harga minyak mentah, sedangkan perusahaan Jepang (Honda) tidak pernah terlihat di podium tahun ini. Absennya Marc Marquez semakin memperberat kondisi ini dan terasa di dalam dan di luar lintasan. Bahkan kehadiran Pol Espargaro tidak akan memiliki arti lebih dalam perubahan ini.

Seperti yang diberitakan media Spanyol Todocircuito, perushaan minyak Repsol berisiko menutup tahun 2020 dengan kerugian 60%. Pukulan yang akan berpengaruh untuk investasi 15 juta euro setahun. Beberapa waktu lalu Antonio Brufau, bos perusahaan minyak itu, sempat mengungkapkan keraguannya untuk berinvestasi di MotoGP, dengan audiens yang terancam menyusut.

HRC berusaha menemukan sponsor utama lainnya. Perusahaan minyak Inggris-Belanda yaitu Shell… Berbagi ruang sponsor dengan Red Bull yang infonya akan mengakhiri kontrak dengan Tech3.

2 Comments

Leave a Reply