Euro NCAP Mulai Diperketat, Ini Mobil Pertama yang Lolos

(Foto: CarAndBike)

RiderTua.com – Tak disangka kalau tes tabrak Euro NCAP (New Car Assessment Program) sudah mulai diperketat. Ini dilakukan untuk mengukur kualitas fitur keselamatan yang dimiliki oleh suatu mobil. Euro NCAP mulai diperketat dan mulai menguji sebagian produk terbaru. Salah satu diantaranya sudah lolos uji tabrak, yaitu Toyota Yaris generasi keempat.

Baca juga: Toyota Indonesia Punya Mobil Baru Lainnya !

Euro NCAP Mulai Diperketat dan Menguji Produk Terbaru

Ada beberapa poin penting yang ditingkatkan pada sistem penilaian tes tabrak, contohnya side impact test. Euro NCAP akan memberi poin tambahan yang berdasarkan hasil evaluasi pasca kecelakaan. Lebih detailnya, tim bisa melihat apakah fitur yang sudah ada mampu melindungi penumpang dan pengemudi di dalam mobil.

Mobil pertama yang dites dengan sistem terbaru ini adalah All New Yaris. Hatchback ini baru saja memasuki generasi keempatnya di Eropa, dan pertama kali dirilis di Jepang dan Belanda setahun yang lalu. Yaris generasi terbarunya membawa fitur terbaru, dan ini bisa menjadi kesempatan bagi Euro NCAP untuk menguji sistem penilaian terbarunya.

Euro NCAP mulai diperketat

Hasil Bagus

All New Yaris mengikuti serangkaian pengujian, termasuk moving barrier test yang sudah menggantikan offset deformable barrier test sebelumnya. Meski dengan tes dengan sistem baru, nyatanya Yaris mampu melalui semua itu dengan mulus tanpa ada kendala sedikitpun. Bahkan hasilnya bisa dikatakan cukup bagus untuk sebuah mobil hatchback.

Yaris mendapatkan rating keselamatan perlindungan untuk penumpang dewasa sebesar 81 persen, ini karena adanya perlindungan marginal. Untuk penumpang anak-anak mendapat poin 23 dari skor penuh 24, dan itu sudah lebih dari cukup. Jadi total rating yang didapat hanya sebedar 81 persen karena tak ada Isofix dan i-size mounting pada kursi.

Meski begitu, skor ini masih lumayan bagus dan skor lainnya untuk ‘mobil ramah pejalan kaki’ mencapai 78 persen. Hasil ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi Toyota nantinya untuk mengembangkan produk yang lebih aman dengan fitur keselamatan lebih maksimal. Setelah Yaris, mobil baru lainnya akan segera menyusul

Be the first to comment

Leave a Reply