Nissan Z Proto Terbaru Memakai Gearbox Manual !

RiderTua.com – Jelang peluncurannya, Nissan Z Proto terbaru dikonfirmasi akan memakai gearbox manual. Tentu ini menjadi kabar baik bagi pecinta mobil sport ‘three pedals’, terutama fans dari model Z-Series selama ini. Nissan Z Proto terbaru akan dirilis dalam waktu dekat dan mengusung desain retro khas model Z klasik. Gearbox manual ini akan sangat diandalkan bagi Z Proto.

Baca juga: Nissan Siap Luncurkan Z Proto Anyar Minggu Depan

Nissan Z Proto Terbaru akan Dirilis Dalam Waktu Dekat

Mobil sport dengan transmisi manual sudah menjadi barang langka di pasar otomotif global. Bahkan produsen seperti Ferrari dan Lamborghini yang terkenal dengan mobil manual sudah beralih ke transmisi otomatis alias matik. Sejumlah besar sportcar seperti Honda Civic Type R hingga BMW M3 dan M4 memakai transmisi jenis ini.

Walau begitu, masih ada produsen yang peduli dengan transmisi manual, contohnya Toyota yang menyiapkan versi manual untuk Supra. Aston Martin dan Porsche tetap memberikan pilihan transmisi tiga pedal ini pada sejumlah produknya. Nissan sepertinya mulai mengikuti ketiganya dengan Z Proto manual.

Nissan Z Proto terbaru dengan gearbox manual
(Autonetmagz)

Pilihan Menarik

Dua hari jelang peluncurannya, Nissan sudah mengunggah satu video baru yang merekam raungan mesin Z Proto. Dari thumbnail-nya saja sudah terlihat jelas gearbox manual 6 percepatan yang dipastikan hadir pada mobil terbaru ini. Jenis transmisi seperti ini memang jarang ditemukan pada mobil ‘zaman now’, dan kehadirannya pada Z Proto menandakan kalau mobil manual masih bertahan sampai saat ini.

Kemudian detail menarik lainnya yaitu tuas rem tangan yang juga manual, tak lagi elektrik. Jadi bisa dikatakan kalau Z Proto bakal menjadi satu-satunya mobil sport dengan tuas rem tangan manual, karena Supra dan Civic Type R memakai versi elektrik. Ini sudah tentu memberi nilai lebih bagi penerus 370Z ‘Fairlady Z’ tersebut.

Yang masih menjadi misteri yaitu apakah Z Proto adalah 400Z yang dinanti kehadirannya pada tahun 2022 mendatang. Mengingat Z Proto dibangun dari model prototype 400Z, serta dengan mesin bertenaga besar. Tapi kita tunggu saja peluncuran mobil ini pada tanggal 16 September.

Be the first to comment

Leave a Reply