Wah, Detak Jantung Vinales Seperti Ular!

Selama akhir pekan balapan MotoGP, jantung pembalap akan berdetak kencang dan mencapai puncaknya di grid start.

Detak Jantung Vinales Seperti Ular
Detak Jantung Vinales Seperti Ular

RiderTua.com – Angka detak jantung Maverick Vinales seperti ular.. Detak jantung (heart rate) mengambil peran penting bagi pembalap MotoGP. Mencerminkan ketenangan pembalap dalam menghadapi kompetisi adu kencang. Merupakan fase meningkatnya adrenalin, kecemasan yang meningkat dan harus dikelola dengan baik oleh pembalap. Jack Miller memuji kondisi detak jantung Maverick Vinales saat melaju di lintasan.. “Dia seperti ular,” katanya.

Detak Jantung Vinales Seperti Ular

Detak Jantung Vinales Seperti Ular
Detak Jantung Vinales Seperti Ular

Maverick Vinales bisa berbangga dalam satu hal dari semua pembalap di kelas MotoGP: Detak jantungnya adalah yang terendah dalam balapan. Sejak grafik visual detak jantung ditayangkan di televisi, pembalap Yamaha tersebut mampu meraih rekor terendah yang artinya paling tenang. “Aku tidak tahu apa Vinales itu orang, ular atau semacamnya, atau jantungnya tidak bekerja! (Canda Jack Miller)… “Saya baru saja melihat mereka membuat perbandingannya dan saya di angka 160 dan Vinales di 120 (denyut permenit)”.

Selama pra musim lalu, pembalap asal Spanyol itu juga banyak melatih pikiran dan juga fisiknya. Dalam beberapa waktu dia juga telah dibantu oleh seorang psikolog olahraga untuk mengelola saat-saat stres dengan lebih baik, dimana hingga saat itu merupakan kelemahannya.

Jantung pembalap Australia, berdenyut lebih tinggi. “Saya yakin saya bahkan tidak berada di titik tertinggi ketika saya melakukan putaran itu.. Saya tidak pernah melebihi angka 200, saya pikir nilai maksimal yang saya miliki dalam tes dan ini 3 tahun yang lalu adalah 199. Jika saya berlatih dengan sepeda, saya mendapatkan angka 175-180. Saya pikir yang terbaik yang saya dapatkan saat di atas motor adalah 188,” kata pembalap masa depan tim pabrikan Ducati itu seperti dilansir Crash.net…

Memuncak Saat Start

Selama akhir pekan balapan MotoGP, jantung pembalap (heart rate) akan berdetak kencang dan mencapai puncaknya di grid start. Itu adalah fase peningkatan adrenalin, dengan kecemasan yang meningkat dan harus dikelola dengan baik oleh pembalap. “Saya pikir saat start balapan adalah titik dengan detak jantung tertinggi bagi saya. Dan jika kita bertarung terutama di dua lap pertama, detak jantung itu akan sangat tinggi. Kemudian kita bisa menstabilkannya di sekitar 160 denyut permenit“.

“Saya tahu bahwa dengan motor trail, denyut saya bertahan di sekitar 172. Ini adalah rata-rata normal saya saat latihan dengan sepeda motor selama 25 menit”. Dan kembali ke ‘Jantung Gajah’ milik Vinales… Miller mengatakan… “Denyut jantung Vinales tidak bekerja dengan cara yang sama seperti milik saya… dia memiliki denyut jantung yang lebih sedikit per menit, ini seperti ular,” pungkas Jack Miller.

Tentunya Jack Miller hanya bercanda karena heart rate/ detak jantung ular normal, detak jantungnya adalah 42 denyut per menit ( menurut Reptile Cardiology – University of Illinois College)..

Be the first to comment

Leave a Reply