Motor Listrik Mulai Dilirik Oleh Royal Enfield

royal enfield factory india
(Foto: Kynan Tait) royal enfield factory india

RiderTua.com – Sepeda motor listrik sepertinya sudah mulai dilirik oleh Royal Enfield. Setelah melihat tren motor jenis ini yang meningkat, mereka mulai tertarik ingin membuatnya. Motor listrik mulai dilirik tentu saja karena lebih ramah lingkungan dari model konvensionalnya. Entah seperti apa model yang akan ditawarkan dari Royal Enfield nantinya.

Baca juga: Royal Enfield Laris Manis di Inggris Walau Pasar Menurun

Motor Listrik Mulai Dilirik Karena Lebih Ramah Lingkungan

Soal motor jenis ini, memang jumlahnya masih belum sebanyak motor konvensional atau bensin. Rata-rata motor listrik kebanyakan berupa jenis skuter, tapi kini jenisnya akan semakin bervariasi. Seperti Kawasaki menggarap motor sport listrik Endeavor, hingga Honda dengan model yang masih belum jelas identitasnya.

Royal Enfield sepertinya tak mau ketinggalan dari Kawasaki dan Honda, dengan segera mereka memulai pengembangannya. Belum dipastikan model mana yang akan mendapat varian listrik, atau paling tidak membuat model benar-benar baru. Yang pasti, motor ini akan dijual di India sebagai tahap pertama, selanjutnya bisa dijual di luar negeri.

Motor listrik mulai dilirik oleh Royal Enfield

Aturan Emisi

Jadi kenapa Royal Enfield pada akhirnya mau membuat motor listrik? Selain karena tren, mereka juga tetap mengikuti aturan emisi yang ada. Perlu diketahui kalau aturan emisi, entah itu di India dengan Bharat Stage maupun Euro, semakin ketat diberlakukan di tiap negara. Terlebih aturan ini di Negeri Bollywood sudah semakin ketat diberlakukan sehingga mau tak mau semua produsen otomotif harus mengikutinya.

Karena inilah Royal Enfield akan melakukan apa saja demi bisa melahirkan produk pertamanya yang berjenis listrik. Mereka bisa saja membuatnya sendiri, atau menggandeng perusahaan lain untuk menggarap motornya atau sistem elektriknya. Tentu tak semua produsen motor bisa membuat sistemnya sendiri, dan biasanya mereka bekerja sama dengan produsen lain.

Kalau sudah begini, maka Royal Enfield akan mengikuti jejak Harley-Davidson dalam mengenalkan motor listrik. Produsen moge tersebut sudah lebih dulu mengenalkan LiveWire, mungkin menjadi motor listrik non-skuter pertama. Karena belum ada pasar yang terbentuk, maka LiveWire harus mengembangkannya sendirian.

Be the first to comment

Leave a Reply