Subaru XV dan Impreza akan Dibekali Turbo ?

(Foto: www.subaru-global.com)

RiderTua.com – Dua mobil Subaru XV dan Impreza disebut akan dibekali mesin dengan turbo. Meski keduanya sebenarnya adalah model yang sama, tapi tetap saja kedua model ini harus mendapat perhatian lebih. Mengingat Subaru XV dan Impreza belum mendapat turbo di generasinya sekarang. Sehingga prediksinya yaitu facelift terbaru untuk model generasi kelimanya.

Baca juga: Toyota-Subaru Kembali Kerja Sama Buat Mobil Baru ?

Subaru XV dan Impreza Belum Mendapat Turbo

Subaru berencana untuk melakukan downsizing pada sejumlah produknya, tak terkecuali model XV dan Impreza. Downsizing dalam arti lain yaitu mesin berkapasitas kecil tapi dengan dukungan teknologi lainnya. Memang kalau dilihat dari beberapa model generasi sebelumnya, kapasitas mesin pada mobil ini terbilang cukup besar.

Impreza dan XV generasi sekarang mengandalkan mesin 1.600 cc dan 2.000 cc, dan semuanya berjenis boxer naturally-aspirated. Kalau kapasitas mesinnya nanti dikecilkan, maka untuk menjaga performa kencangnya tentu ditambahkan turbo. Lalu kenapa Subaru sampai segitunya ingin sekali melakukan downsizing?

Subaru XV dan Impreza akan mendapat turbo

Ramah Lingkungan

Tren downsizing oleh sebagian besar merek mobil ini dilakukan demi emisi gas buang serta konsumsi bensin lebih baik. Entah kenapa Subaru tak sekalian memasang teknologi hybrid dan turbo sekaligus agar tak terlalu repot. Mungkin Subaru merasa belum saatnya bagi mereka untuk menggunakan hybrid.

Mesin baru untuk Impreza dan XV yaitu 1.500 cc turbo, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 148 hp. Meski sudah memakai turbo, tenaganya tak sebesar mesin 2.000 cc bertenaga 152 hp, tapi tak apalah. Yang penting keduanya akan dipakaikan mesin yang sedikit lebih kecil tapi lebih hemat BBM.

Walau kabar lainnya menyebut kalau mesin 1.800 cc turbo bertenaga 270 hp yang akan digunakan pada Impreza dan XV. Tenaga ini sudah cukup besar, bahkan lebih besar dari mesin 2.000 cc yang dimilikinya sekarang. Ada rumor tentang kedua mobil ini akan dilengkapi varian plug-in hybrid, tapi sejauh ini Subaru belum mengkonfirmasi kabar tersebut. Entah masih malu-malu menampakkan modelnya, atau tetap ingin merahasiakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply