Terungkap Metode Kerja Elektronik Ducati MotoGP Dovizioso!

Bagaimana metode kerja elektronik Ducati, sehubungan dengan permintaan dari Dovizioso dalam setiap seri MotoGP?

Dovizioso ke KTM Gantikan Iker
Dovizioso ke KTM Gantikan Iker

RiderTua.com – Melalui media Italia, terungkap metode kerja elektronik Ducati MotoGP Dovizioso… Mengapa elektronik sangat penting dalam balap MotoGP modern.. Dan bagaimana Andrea Dovizioso menyiapkan paket elektronik yang mumpuni. “Elektronik dalam beberapa tahun terakhir semakin berkembang dan menjadi semakin penting” kata Alberto Giribuola, kepala teknisi Andrea. Menurutnya dalam hal ini ada 4 (empat) area utama yang akan diambil tindakan. Power mesin dan rem, yang dapat bervariasi di setiap titik di sirkuit, kemudian kontrol traksi, dan anti-wheelie. Ke empat parameter tadi yang akan diintervensi, harus bekerja bersama secara sinergi bahkan ketika kondisi sirkuit bervariasi. Bagaimana pendekatan pembalap pada akhir pekan balapan? Berikut ini metode kerja elektronik Ducati..

Terungkap Metode Kerja Elektronik Ducati MotoGP Dovizioso

Terungkap Metode Kerja Elektronik Ducati MotoGP Dovizioso
Terungkap Metode Kerja Elektronik Ducati MotoGP Dovizioso

Bagaimana pendekatan pembalap pada akhir pekan balapan?… Dovizioso menjawab bahwa Dario Massarin (insinyur elektroniknya), memulai dari pemetaan dasar (base map) menggunakan data historis musim lalu. Peta awal diperbaiki, selama berberapa sesi di trek, sesuai dengan petunjuk Dovizioso. Andrea sendiri mengaku sangat peka terhadap penyesuaian pengelolaan khususnya pada sistem anti wheelie. Andrea, mengembalikan sensasi kepada insinyur di antara satu sesi dan sesi berikutnya. Tujuannya mempercepat pekerjaan penyiapan karena dia memiliki kesempatan untuk segera menguji perubahan yang dibuat.

Bagaimana elektronik set-up terhubung?

Bagaimana metode kerja elektronik Ducati, sehubungan dengan permintaan dari Dovizioso. Misalnya kebutuhan untuk memiliki paket setingan motor yang cenderung kurang wheelie (roda depan mengangkat).. Menurut Alberto dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu: Di set-up, dengan memperpanjang wheelbase motor, dan bekerja pada elektronik dengan meningkatkan kontrol.

Alberto Giribuola menekankan bahwa sebaiknya semua elemen itu jangan sampai tumpang tindih… Jika kedua efek berlebihan justru akan mendapatkan motor yang lebih lambat. “Elektronik dan saya harus bekerja serempak,” tutup Giribuola, menggarisbawahi…

Be the first to comment

Leave a Reply