Kenapa Mobil Crossover Lebih Populer dari Jenis Lain ?

Corolla Cross vs Kicka e-Power

RiderTua.com – Dari berbagai jenis mobil yang ada, SUV dan sejenisnya kini ngetren di dunia otomotif. Walau CUV (crossover-SUV) berkembang sangat pesat selama beberapa bulan terakhir. Ada beberapa alasan kenapa mobil berjenis crossover sedang ngetren akhir-akhir ini. Entah itu karena keunggulan fitur maupun spesifikasinya.

Baca juga: Desain Paten Mobil Crossover Terbaru Toyota Bocor !

Alasan Kenapa Mobil Crossover Sedang Ngetren

Crossover bisa dikatakan sebagai hasil persilangan antara SUV dengan hatchback. Itu karena kebanyakan crossover sekarang punya desain yang kompak tapi tetap gagah. Meski masih ada yang bingung membedakan mana model SUV dan mana yang crossover.

Lalu kenapa crossover yang paling dicari konsumen ketimbang SUV? Padahal keduanya unggul dalam satu hal, yaitu punya ground clearance lebih tinggi dari jenis mobil lainnya seperti sedan. Crossover dan SUV bisa diandalkan dalan kondisi jalan apapun, baik itu jalan mulus aspal maupun yang tidak rata.

(Foto: Autonetmagz.com)

Banyak Variasi

Namun tak seperti SUV yang rata-rata punya bodi bongsor dan besar, crossover punya desain kompak layaknya hatchback. Sehingga mobil ini cocok bagi konsumen yang ingin mobil SUV tapi punya tempat parkir sempit. Apalagi harganya lumayan terjangkau dari model sejenisnya, serta lebih hemat bahan bakar.

Jumlah mobil CUV saat ini masih terus bertambah sepanjang tahun 2020. Terakhir Toyota mengenalkan Corolla Cross pada bulan Juni lalu, dan akan hadir di Indonesia pada minggu ini. Segmen crossover di Tanah Air juga cukup bagus, dengan kehadiran model seperti Xpander Cross dan XL7.

Walaupun masih ada model unggulan lainnya seperti Toyota C-HR dan Yaris Cross, serta Honda HR-V. Apapun mereknya, semua mobil crossover punya keunggulan yang tak dimiliki oleh SUV. Jadi tak heran kalau crossover sekarang laris manis.

Be the first to comment

Leave a Reply