Kok Bisa Masalah Fuel Pump Mobil Muncul Bersamaan ?

RiderTua.com – Belakangan ini makin banyak produsen mobil di Indonesia yang menarik mobilnya karena masalah fuel pump. Dari Honda kemudian diikuti oleh Mitsubishi dan Nissan, dan Toyota menyusul setelahnya. Ternyata recall mobil akibat fuel pump ini sudah lama terjadi sepanjang tahun 2020. Amerika Serikat yang pertama kali mengumumkan recall dan melibatkan banyak produsen.

Baca juga: HPM: Recall Fuel Pump Baru Selesai 10 Persen

Recall Fuel Pump Sudah Lama Terjadi

Salah satu produsen pompa bensin, Denso, melaporkan masalah pada komponen tersebut yang bisa bikin mobil mogok begitu saja. Sehingga sejumlah besar merek mobil harus menarik produknya yang menggunakan komponen bermasalah ini. Mulai dari Mazda, Ford, Honda, Subaru, Toyota, dan Mitsubishi.

Masalah yang ditimbulkan oleh komponen cacat tersebut masih sama dengan di Indonesia. Komponen impeller pada fuel pump bisa berubah bentuk dan membuat mesin tak bisa bekerja dengan normal. Ini bisa terdeteksi dengan mudah oleh mobil, tandanya yaitu lampu engine check menyala hingga mesin terasa kasar bahkan tak bisa dijalankan.

Fuel pump Xpander

Recall Terbesar?

Denso sudah dikenal sebagai pemasok komponen untuk produsen mobil di seluruh dunia. Alhasil dengan adanya masalah pompa bensin ini maka ada jutaan unit yang terdampak secara global. Seperti Toyota yang menarik 3,2 juta unit mobil dan Honda sebanyak 1,4 juta unit, itupun termasuk Indonesia.

Kembali soal recall di Indonesia, Honda Prospect Motor (HPM) mengaku kalau penarikannya sudah beres 10 persen. Kelihatannya itu angka yang sangat kecil, tentunya itu disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya kebanyakan mobil dipakai sebagai mobil harian, jadi pemilik tak punya banyak waktu untuk memperbaikinya di dealer.

Semua produsen mobil yang melakukan recall pun sepertinya merasakan hal yang sama dengan HPM. Tapi terlepas dari itu, sepertinya recall fuel pump ini mungkin menjadi yang terbesar kedua setelah recall airbag Takata.

Be the first to comment

Leave a Reply