Honda BR-V: Laris di Malaysia, Keok di Indonesia

RiderTua.com – Honda Malaysia baru saja menyegarkan BR-V beberapa minggu lalu. Hasilnya sudah ada banyak pemesan yang mengantri, dan jumlahnya mungkin akan terus meningkat. Nasib BR-V di Malaysia ternyata berbeda dengan di Indonesia. Dimana SUV ini malah dikalahkan oleh model sekelasnya.

Baca juga: Honda Siap Luncurkan All New Civic Tahun Depan !

Nasib BR-V di Malaysia Berbeda Dengan Indonesia

BR-V pertama kali hadir di Negeri Jiran pada tahun 2017 lalu, sekitar setahun setelah BR-V dijual duluan di Indonesia. Penjualannya hingga sekarang sudah mencapai 32,6 ribu unit. Meski kelihatannya itu angka yang sedikit, tapi ini sudah hasil yang cukup bagus.

Hasil itu sebenarnya masih kalah banyak dari Indonesia, dimana ada 38.666 unit yang terjual pada tahun 2016. Tapi jumlah tersebut langsung menurun setahun setelahnya, dengan raihan 21.932 unit. Kemudian anjlok lagi hingga kurang dari 10 ribu unit. Kok bisa?

BR-V Malaysia

Persaingan Ketat

Bahkan dengan facelift saja sepertinya tak bisa mengembalikan penjualannya, apalagi diperparah dengan kondisi sekarang. Sebenarnya yang terjadi yaitu persaingan di segmen low SUV di Indonesia sudah mulai sangat ketat. Terlebih dengan adanya model baru seperti Suzuki XL7 dan Mitsubishi Xpander Cross yang membuat ruang persaingan menjadi semakin sempit.

Keadaan ini tentu berbeda dengan di Malaysia, dimana belum banyak model sejenisnya yang dijual. Meski ada segelintir model seperti Perodua Aruz (Rush-Terios di Indonesia) yang punya kualitas apik, toh BR-V masih tetap menjadi favorit konsumen disana.

BR-V memang kalah saing di Indonesia, tapi tidak di Malaysia. Walau begitu, bukan berarti BR-V gampang menyerah begitu saja. Honda masih mau memperhatikan model LSUV ini, bahkan dengan banyaknya produk yang dimilikinya.

Be the first to comment

Leave a Reply