Kawasaki ZX-25R Rakitan Lokal Tak Diekspor, Tapi…

RiderTua.com – Sejak diluncurkan, Kawasaki ZX-25R sudah menjadi rebutan konsumen Indonesia. Motor ini diketahui merupakan rakitan lokal, walau ada komponen yang masih didatangkan dari Jepang. Menariknya, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengaku kalau ZX-25R rakitan lokal bukan untuk ekspor. Melainkan untuk pasarnya sendiri, yang tak lain untuk pasar Tanah Air.

Baca juga: Ada Kawasaki ZX-25R di Indonesia, Bagaimana Honda ?

Kawasaki ZX-25R Lokal Bukan Untuk Ekspor

Seperti yang diketahui sebelumnya, KMI memproduksi ZX-25R secara lokal. Tentu ini hal yang bagus, mengingat banyak yang awalnya menduga kalau motot tersebut bakal diimpor dari Jepang. Nyatanya hanya sebagian komponen motor yang didapat dari sana dan selanjutnya dirakit disini.

Biasanya produk rakitan Indonesia selalu dikirim ke luar negeri untuk memenuhi permintaan pasar disana. Tak peduli itu motor, mobil, maupun kendaraan komersial. Namun lain dengan ZX-25R, yang hanya dijual di Tanah Air dan bukan sebagai produk ekspornya KMI.

Pasar Ekspor

Bukannya tak begitu tertarik dengan pasar luar negeri, tapi KMI punya maksud tersendiri kenapa mereka melakukannya. Selain Indonesia, ZX-25R juga diproduksi di Thailand, dan negara ini yang menangani ekspor. Jadi sudah ada ‘tugasnya’ masing-masing.

Spesifikasi ZX-25R di Indonesia ternyata berbeda dengan yang dijual di Jepang. Bisa terlihat dari tenaganya yang mencapai 50,3 hp, tentu ini hasil yang begitu besar untuk motor sport 250 cc 4 silinder. Mungkin ada maksud tersendiri kenapa ZX-25R versi Jepang tak sekencang versi Indonesia-nya, entah itu aturan spek motor sport yang ketat atau lainnya.

Memang bukan untuk produk ekspor, tapi setidaknya konsumen Indonesia bisa bersyukur karena ZX-25R ini adalah rakitan lokal. Walau dengan harga mahal, karena speknya yang tak seperti motor 250 cc lainnya.

1 Comment

Leave a Reply