Mesin V8 Maserati akan Diganti Mesin V6 Berturbo

RiderTua.com – Mungkin banyak yang tahu kalau Maserati selama ini selalu ‘meminjam’ mesin dari Ferrari. Tepatnya mesin V8, yang sering mereka pakaikan pada hampir tiap lini produk mobilnya. Kini Maserati ingin mengganti V8 dengan V6 dengan twin-turbo. Bedanya, mesin ini tak diproduksi oleh Ferrari, melainkan Maserati sendiri.

Baca juga: Akhirnya Maserati Masuk ke Dunia Mobil Listrik !

Maserati Mengganti V8 dengan V6 Twin-Turbo

Kabar ini berhembus setelah Maserati diketahui tengah menyiapkan mobil baru berupa model MC20. Karena tak ‘bersaudara’ dengan Maserati MC12 Stradale, maka MC20 ini benar-benar model baru yang menggunakan mesin baru. Tapi Maserati tak mau terus bergantung pada Ferrari, sehingga mesin V6 twin-turbo yang akan dipakai nantinya.

Mungkin banyak yang akan menganggap kalau mesin V6 takkan punya tenaga sebesar V8. Tapi tunggu dulu, kalau sudah dikasih twin-turbo, maka V6 bisa punya tenaga yang hampir setara dengan V8. Apalagi mesin ini dibuat oleh Maserati, maka biaya pengembangannya bisa lebih irit.

Mesin Lainnya

Nantinya mesin tersebut tak hanya dipakaikan pada MC20 saja, tetapi juga model Maserati lainnya. Model seperti GranTurismo, GranCabrio, Quattroporte, dan Levante yang menjadi kandidatnya. Meski tak lagi ber-V8, setidaknya mobil tersebut bisa tetap berlari kencang dengan adanya turbo.

Selain V6 twin-turbo, Maserati juga sedang mengembangkan mesin lainnya, berupa hybrid. Model Ghibli yang akan menjadi mobil hibrida pertama dari produsen berlogo trisula ini, dengan mesin 2.000 cc turbo dan motor listrik. Mesin tersebut masuk dalam aliansi FCA (Fiat-Chrysler), sehingga Jeep dan Alfa Romeo bisa meminjamnya.

Tentu ini terdengar menarik, karena Maserati akan mengembangkan mobil termasuk juga mesinnya. Sepertinya produen ini ingin lebih mandiri dengan tak lagi bergantung pada merek lain.

Be the first to comment

Leave a Reply