Inikah Motor Sport 400 cc Terbaru dari Honda ?

(kompas.com)

RiderTua.com – Segmen motor sport semakin lama semakin ramai disesaki oleh berbagai jenis model. Terutama Honda yang diketahui akan mengenalkan model sport baru yang masih masuk dalam CBR series. Disebut sebagai Honda CBR400RR, motor fairing 4 silinder ini disebut akan dirilis tak lama lagi. Tapi modelnya benar-benar baru dan terlihat seperti ‘saudaranya’, CBR250R.

Honda CBR400RR model lawas
Baca juga: Honda Tawarkan Warna Baru Untuk Super Cub C125 !

Honda CBR400RR Motor Fairing 4 Silinder

Sebenarnya CBR400RR adalah motor sport yang sudah lama dimiliki Honda, dan mereka ingin merombaknya agar terlihat lebih cakep dan modern. Disebutkan kalau Honda meminjam desain dari CBR250RR, model yang sangat terkenal di pasar roda dua di beberapa negara, termasuk Indonesia. Sehingga dengan melakukan sedikit redesign, motor terbarunya bisa diterima dengan baik.

CBR400RR anyar kemungkinan menggunakan mesin dari model CB400SF atau Super 4. Spesifikasinya yaitu 400 cc 4 silinder yang punya tenaga 52 dk dan torsi 38 Nm. Mungkin tenaganya kecil, tapi itu sudah cukup untuk mesin berkapasitas ini. Jadi memang itu perombakan total dari luar ke dalam mesin motor.

Menyaingi Kawasaki

Kalau bicara soal model motor fairing, ada Kawasaki Ninja 400 yang mungkin bisa menjadi pesaing setara dengan CBR400RR. Namun Ninja 400 masih menggunakan 2 silinder, sedangkan CBR tidak. Tentu Honda bisa memanfaatkan ini untuk mengungguli model tersebut dan menguasai segmennya.

Dari kabar yang beredar, CBR400RR akan dimasukkan ke dalam kelas motor sport entry-level. Segmen ini sempat ramai dibicarakan setelah Kawasaki mengenalkan Ninja ZX-25R, yang juga akan masuk ke Indonesia. Motor ini belum juga dijual di Jepang maupun Tanah Air, tapi baru membuka inden di Selandia Baru.

Seakan Honda tak mau kalah oleh Kawasaki yang menjadi ‘ahlinya’ motor sport, dengan mengandalkan CBR400RR. Sehingga mampu menjadi rival bagi Ninja 400, bahkan bisa mengunggulinya dan menguasai segmen motor 400 cc.

Be the first to comment

Leave a Reply