Pikap Volkswagen Amarok akan Masuki Generasi Kedua

RiderTua.com – Pernah dengar tentang Volkswagen Amarok? Nama ini tentu masih asing di Indonesia, tapi tidak di negara Amerika Utara dan Eropa. Mobil pikap andalan VW tersebut masih dijual, tapi dalam model generasi pertamanya. Kini muncul kabar kalau Ford dan VW siap menggarap All New Amarok. Seharusnya sudah harus dirombak, karena hampir satu dekade sang ‘serigala’ ini tak disegarkan sama sekali.

Baca juga: Volkswagen akan Perluas Pasar Sub-Brand Jetta di Asia

Ford dan VW Menggarap All New Amarok

Kalau belum pernah mendengar Amarok, sebenarnya model ini adalah pikap double-cabin yang sudah lama dijual oleh VW. Berbekal mesin diesel serta penggerak RWD dan 4WD, VW mengandalkannya untuk menjadi rival bagi Toyota Hilux dkk. Maklum, segmen ini masih menjadi incaran walau segmen mobil penumpang sedang ‘tumbuh subur’.

Tapi tak seperti pesaing sekelasnya, hanya Amarok yang belum pernah ‘ganti baju’ sejak tahun 2010 silam. Bahkan VW sempat mempertimbangkan untuk menyuntik mati pikap tersebut. Namun setelah menggandeng Ford, mereka bisa menyelamatkan Amarok dan melanjutkan produksinya sampai sekarang.

Pengembangan Lanjut Terus

Dengan adanya Ford, VW bisa menggarap generasi kedua Amarok, yang sebelumnya selalu tertunda. Karena Ford punya pikap double-cabin Ranger, bisa jadi platform-nya akan ‘dipinjam’ VW untuk membuat All New Amarok. Tentu ini akan terdengar menarik, dan akan menambah daftar ‘mobil kembar’ di segmen pikap setelah All New Mazda BT-50 dan Isuzu D-Max.

Oleh karena itu, Ford yang akan bertanggung jawab dalam produksi All new Amarok nantinya. Diproduksi di pabrik Ford di Afrika Selatan, Amarok generasi keduanya mulai dijual pada tahun 2022. Mungkin masih lama, tapi setidaknya pikap ini bisa hadir dengan wajah baru.

Perlu diingat kalau kerja sama Ford-Volkswagen ini bersifat jangka panjang. Artinya, keduanya bisa saja menggarap model selain Amarok, atau setelah All New Amarok dirilis.

Be the first to comment

Leave a Reply