Toyota Fortuner, Mobil SUV Dulu dan Sekarang

(Foto: Toyota Malaysia)

RiderTua.com – Beberapa minggu lalu, Fortuner sudah kebagian model facelift-nya, termasuk mengenalkan varian Legender. Meski baru melewati dua generasi, tapi mobil SUV ini masih tetap menjadi andalan Toyota sampai sekarang. Fortuner juga tetap mempertahankan desainnya yang gahar dari tahun ke tahun. Tapi bagaimana sejarahnya?

toyota fortuner
toyota fortuner

Fortuner Dari Tahun ke Tahun

Mobil ini pertama kali hadir pada tahun 2004, dan ditempatkan diantara Land Cruiser dan RAV4. Diproduksi di Thailand di tahun yang sama, Fortuner baru masuk ke Indonesia setahun setelahnya. Tentu saja karena dikirim dari Thailand, maka unitnya masih berupa CBU (completely built up).

Ternyata Fortuner mendapat sambutan cukup baik dari konsumen Tanah Air. Sehingga dengan ini Toyota Astra Motor (TAM) mulai merakit lokal pada tahun 2007. Model tersebut sudah dilengkapi dengan mesin diesel seperti Kijang Innova, yaitu mesin 2.5G.

Pesaing Bertambah

Keberadaan Fortuner sempat terusik dengan kehadiran Mitsubishi Pajero Sport. Penjualannya cukup banyak dan mulai menyusul ‘kakaknya’ Rush tersebut. Walau begitu, TAM tetap pede dengan Fortuner, sehingga bisa menjadi pemimpin di kelasnya selama bertahun-tahun.

fortuner vs pajero
fortuner vs pajero

Setelah melalui berbagai penyegaran, Fortuner memasuki generasi keduanya pada tahun 2016 di Indonesia. Sejak saat itu, TAM memberi beberapa penyegaran, termasuk mengenalkan varian TRD Sportivo yang menjadi tipe tertingginya. Terakhir Fortuner mendapat minor change pada tahun 2019 lalu.

Kini Toyota sudah menghadirkan satu lagi penyegaran untuk Fortuner, dan menggantikan varian TRD Sportivo dengan Legender. Mungkin Indonesia akan kebagian belakangan, tapi ini akan menambah satu lagi ‘cerita’ dari perjalanan panjang SUV tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply