Categories: MotoGP

Image Rights dan Nilai Sponsor Valentino Rossi yang Masih Begitu Kuat di MotoGP

RiderTua.com – Di MotoGP, Valentino Rossi termasuk salah seorang influencer terkuat saat ini. Influencer adalah orang yang mampu memengaruhi orang lain, dapat dipercaya, dan memiliki pengikut yang banyak di media sosial… Apa yang dipakai Rossi, kata-katanya atau yang dia lakukan, bisa menginspirasi dan memengaruhi para penggemarnya. Kemudian mencoba atau membeli sebuah produk yang dipakai Rossi atau berlabel brand VR46. Tidak heran untuk ‘mempekerjakan’nya bukan hal yang mudah. Perpindahannya dari Yamaha resmi ke satelit Petronas salah satu contohnya.. Dilansir media Italia, Citra dan Sponsor yang membuat negosiasi Valentino Rossi berlangsung alot, selain masalah teknis lainnya. Image rights dan nilai sponsor Valentino Rossi yang masih begitu kuat di MotoGP..

Image Rights dan Nilai Sponsor Valentino Rossi yang Masih Begitu Kuat di MotoGP

Apa itu Image rights?.. Penghasilan utama Rossi sebagai pembalap selain gaji adalah pendapatan berupa endorsement dan ini ada hubungnya dengan image rights (hak citra). Kita belum bicara bisnis pribadinya Rossi yang lain..

Image rights adalah merupakan hak citra dari seseorang yang namanya memiliki nilai jual dan citra positif untuk menarik perhatian konsumen. Dan tujuan akhirnya adalah dapat meningkatkan penjualan. Image rights ini memberikan sebuah keuntungan komersial bagi pemiliknya.

Bahkan foto dan nama Valentino Rossi/ VR46 saja juga memiliki nilai setara dengan merek barang mahal dan terkenal di dunia. Dengan pencitraan ini, mereka bisa memanfaatkan sisi komersialnya dengan cara meng-endorse dengan tujuan sebuah keuntungan bisnis.

Selangkah Kontrak Valentino Rossi

MotoGP tak akan kehilangan karakter paling karismatik di musim balap 2021. Valentino Rossi dikabarkan sudah memulai negosiasi aktif dengan Petronas SRT. Dalam hal ini bos tim Razlan Razali yang berencana untuk meningkatkan citra (image) timnya dengan kedatangan Valentino.

Valentino Rossi dipastikan akan menandatangani kontrak tahunan, tetapi beberapa detail masih harus diklarifikasi, tidak hanya mengenai sponsor dan Image rights. Masalah terbesar untuk diselesaikan menyangkut staf teknis yang harus mengikuti Vale. Dikatakan pengumuman resmi akan dirilis pada balapan pertama Jerez nanti.

Lin Jarvis Jadi Penengah Masalah

Secara teknis motor, bagi The Doctor sejatinya hanya livery yang akan berubah, M1 yang digebernya akan identik dengan yang digunakan oleh Vinales dan Quartararo. Masih harus dilihat siapa dan berapa banyak Razlan Razali akan memberikan kelonggaran masalah staf di garasi Rossi.

Namun yang pasti Lin Jarvis akan berusaha menjembatani kedua pihak.. Setidaknya kepastian beberapa teknisi penting yang diperlukan Rossi. “Kami sudah membahas masalah ini. Tapi seperti yang biasa dalam olahraga kami, bagian dari tim akan mengikuti pembalap ketika mereka berganti tim. Topik ini belum dibahas secara rinci. Ini terlalu dini sebelum beberapa balapan pertama, tapi saya kira beberapa orang akan ikut dengan Rossi,” kata Lin Jarvis..

Sekarang kita tahu apa yang membuat perpindahan Rossi begitu rumit. Tidak semudah memindah Quartararo atau Vinales.. Nilai jual dan nama Rossi begitu mahal di olahraga balap ini. Secara usia memang wajar dia kalah dengan yang muda, namun secara bisnis, Valentino Rossi saat ini masih yang paling kuat pengaruhnya..

This post was last modified on 5 Juli 2020 06:58

ridertua

Leave a Comment

Recent Posts

Aleix Espargaro : Tidak Ada yang Menyangka Pedro Acosta dan KTM Akan Sekuat Itu

RiderTua.com - Aleix Espargaro salah satu dari pembalap senior yang memuji setinggi langit penampilan pembalap baru dari negaranya, Spanyol.. Pedro…

28 Maret 2024

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024