Clockwise dan Anti-Clockwise: Kenapa Sebagian Besar Sirkuit Searah Jarum Jam?

5 sirkuit MotoGP Anti-Clockwise adalah: Aragon, Austin, Sachsenring, Phillip Island, dan Valencia

Clockwise dan Anti-Clockwise Sirkuit MotoGP

RiderTua.com – Kenapa sebagian besar sirkuit arah putarannya searah jarum jam?.. Di MotoGP sebagian besar trek memiliki arah putaran searah jarum jam(Clockwise). Dari 20 sirkuit, hanya ada 5 sirkuit yang arah putarannya kebalikan arah jarum jam (Anti-Clockwise). Kenapa sebagian besar sirkuit searah jarum jam?.. Mengapa bisa begono?..

Aragon
Aragon

Kenapa Sebagian Besar Sirkuit Searah Jarum Jam?

5 trek MotoGP Anti-Clockwise adalah: Aragon, Austin, Sachsenring, Phillip Island, dan Valencia … Sirkuit MotoGP ini memiliki arah putar berlawanan arah jarum jam. Menariknya kelima trek ini berada di 3 benua berbeda. Kenapa hanya 5 trek itu dari 20 sirkuit.

Kebanyakan Orang Tidak Kidal

Mungkin jawaban yang paling mudah adalah: kebanyakan orang tidak kidal, sehingga lebih kuat saat melakukan sesuatu ke arah kanan ( searah jarum jam). Atau juga arah kanan dipandang sebagai sesuatau yang umum dilakukan.. Saat putar kunci kontak motor kenapa juga putar ke kanan?.. Kenapa kran air juga ke kanan, padahal jika arahnya dibalik dengan cara kerja yang sama juga tidak berpengaruh.

Sepang malaysia
Sepang Malaysia

Pengaruh Aturan Lalu Lintas

Italia Utara, Austria dan beberapa negara Eropa punya undang-undang lalu lintas berjalan di sebelah kiri. Di Amerika Serikat, semua trek berputar berlawanan arah jarum jam. Beberapa orang berpendapat bahwa alasan mengapa balapan di Amerika berjalan berlawanan arah adalah karena para imigran tidak ingin meniru Inggris, namun sepetinya kurang kuat..

Mobil balap stir kiri

Alasan yang lebih masuk akal adalah bahwa karena di mobil produksi, pengemudi berda di sebelah kiri. Pembalap Amerika diposisikan di sisi kiri kendaraan. Saat berada di tikungan ke kiri, gaya sentrifugal mendorong mobil ke kanan. Hal ini lebih aman karena membantu melindungi pembalap jika terjadi kecelakaan. Karena saat terjadi benturan sisi kanan mobil mampu menyerap sebagian besar gaya benturan itu.. masuk pak eko…

Tapi bagaimana dengan di Eropa? Di benua ini, sejumlah sirkuit putarannya searah jarum jam, seperti Le Mans-Perancis. Sebagian besar pembalap lebih memilih searah jarum jam karena hampir semua trek mengikuti arah ini. Jadi lebih cenderung untuk membiasakan diri dan lebih terlatih untuk belokan kanan yang lebih banyak daripada belokan kiri. Dan ketika pembalap harus berada di sirkuit berlawanan arah jarum jam, akan jauh lebih sulit karena butuh waktu untuk beradaptasi. Kecuali bagi pembalap kidal yaitu Marc Marquez…

Valentino Rossi - MotoGP

Menghindari Silau Matahari

Namun ada jawaban pamungkas yang paling logis dan bisa diterima, yaitu arah matahari!… Dilansir media resmi MotoGP.com, manajer umum RacingLoop dan mantan direktur trek Losail dan Aragon memberikan jawaban yang sangat sederhana tapi mengena, dan cukup logis…

“Kami menganggap saat sesi pemanasan (warm up). Kita tahu bahwa matahari terbit di Timur.. Dengan kata lain, pengereman di tikungan pertama bisa menjadi masalah bagi pembalap.. Jadi kami memutuskan arah lintasan berdasarkan orientasi lokasi sirkuit. Lebih jelasnya mencoba memastikan bahwa di pagi hari pembalap selalu berada di posisi membelakangi matahari ketika mereka berada di trek lurus.

4 Comments

  1. Cuba nggak 5… 10 kek…mm93 tambah dikdaya te..

Leave a Reply