Server Markas Tokyo Diserang Hacker, Honda Liburkan Pabrik Mobil dan Motornya di 3 Negara

Ini bukan kasus pertama, dialami oleh perusahaan Tokyo. Tiga tahun lalu produksi untuk sementara ditangguhkan pada salah satu pabriknya di Jepang yang terkena serangan cyber ransomware

Honda India-Hecker

RiderTua.com – Raksasa otomotif asal Jepang, Honda meliburkan untuk sementara kegiatan pabriknya di Turki, Brazil, dan India karena adanya serangan siber/ hacker. Meskipun akibat serangan itu tidak mempengaruhi produksi dan penjualan internal, namun berpengaruh dengan jaringan di pabrik-pabrik Honda di luar Jepang. “Pabrik kendaraan roda empat di Turki dan pabrik sepeda motor di India dan Brasil masih belum beroperasi. Perusahaan masih melakukan menyelidiki detil,” kata Juru Bicara Honda dikutip dari media AFP, hari Rabu (10/6). Server Markas Tokyo Diserang Hacker, Honda Liburkan Pabrik Mobil dan Motornya di 3 Negara

Server Markas Tokyo Diserang Hacker, Honda Liburkan Pabrik Mobil dan Motornya di 3 Negara

Honda India motor hecker

Melansir dari cnbcindonesia.com (10/06), serangan siber ini terjadi pada minggu dan menargetkan server internal Honda, diduga sang hacker menyebar virus melalui sistem perusahaan, tambah Juru Bicara Honda.. Dan menurut rumor yang beredar, serangan itu dimungkinkan memengaruhi 11 pabrik Honda, termasuk lima pabrik mereka di Amerika Serikat.

Namun juru Bicara Honda mengatakan penangguhan ini tidak berdampak luas pada bisnis Honda global. Karena semua pabrik di Amerika Serikat dilaporkan sudah bisa kembali beroperasi.

Akibat krisis kesehatan global, berdampak pada produsen otomotif ini dengan penurunan penjualan kendaraan sebesar 6%. Bulan lalu, Honda dilaporkan memiliki laba bersih US$138 miliar. Turun 25,3% dibandingkan keuntunan dalam periode yang sama tahun lalu.

Honda diserang hecker

Bukan Kasus Pertama

Tindakan cepat sudah dilakukan hari Senin, sistem inspeksi kemudian memulihkan sistim dan Honda bisa melanjutkan pengiriman. Dilansir media Italia, gazzetta.it (10/06)menurut laporan dari pejabat Honda mereka membatasi penggunaan komputer pribadi di dalam perusahaan. Ini bukan kasus pertama, dialami oleh perusahaan Tokyo. Tiga tahun lalu produksi untuk sementara ditangguhkan pada salah satu pabriknya di Jepang yang terkena serangan cyber ransomware (sejenis malware yang menginfeksi dan membatasi akses perangkat yang terpengaruh, menyandera file-file untuk mendapatkan tebusan).

4 Comments

  1. Erte tau nih pasti orangnya yg pake topengπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Leave a Reply