MotoGP Pakai Bridgestone? ‘Serangan Badai’ Rider Yamaha, Bikin Marquez Menderita!

Ban merk Jepang Bridgestone sebagai pemasok tunggal di MotoGP mulai 2008 hingga 2015. Setelah 7 musim menjadi supplier tunggal ban MotoGP mulai tahun 2016, Michelin menggantikannya.. Yamaha ambyarr

Rossi -Marquez- Bridgestone

RiderTua.com – Ban Michelin menjadi supplier ban tunggal untuk MotoGP mulai tahun 2016 gantikan Bridgestone. Meski secara umum membuat pertarungan semakin menarik dan kompetitif.. Namun, Yamaha justru mengalami penurunan.. Semua bersumber dari masalah ban, dan ECU yang membuat mereka tertinggal dari Honda dan Ducati. Hasil itu berbanding terbalik saat Bridgestone masih menjadi pemasok ban untuk kelas MotoGP… Yamaha digdaya.. Bagaimana jika tim bebas pilih ban.. MotoGP pakai Bridgestone? ‘Serangan Badai’ rider Yamaha Rossi-Lorenzo-Vinales, akan sulit dibendung Marquez..

MotoGP Pakai Bridgestone? ‘Serangan Badai’ Rider Yamaha Rossi-Lorenzo-Vinales, Sulit Dibendung Marquez

Selama gelaran MotoGP antara tahun 2013 hingga 2015, pemenang balapan di dominasi tim pabrikan Honda dan Yamaha. Tahun itu Yamaha bersaing ketat dengan Honda, hanya selisih 6 kemenangan. Setelah memakai Michelin? … Yamaha sudah 14 balapan tidak mampu memenangkan balapan sejak Juni 2017 saat itu, kini memang dengan tertatih-tatih Yamaha mulai bangkit..

Yamaha MotoGP rider Jorge Lorenzo of Spain takes a curve during the qualifying session on his way to get second place on the starting grid for the San Marino motorcycling Grand Prix at the Misano circuit

Lorenzo: Dengan Ban BS Lain Cerita

Lorenzo pernah mengatakan bahwa ban Brigestone adalah kunci kemenangan bagi pembalap yang jago late braking. “Dengan ban Bridgestone pembalap bisa mengerem 30 meter setelah pebalap lain. Kupikir sudah jelas sekarang lebih rumit untuk menang dengan aturan satu ban (Michelin saja). ” kata Lorenzo beberapa saat yang lalu, saat ribut-ribut dengan Giacomo Agostini..

Valentino Rossi

Rossi: Michelin Biang Masalah Yamaha

Valentino Rossi juga sebut ban Michelin menjadi biang keladi atas menurunnya performa motor Yamaha. Tim Jepang kesulitan sejak MotoGP mengganti pemasok ban tunggal Michelin pada musim balap 2016.

“Hingga paruh musim 2016, Yamaha menjadi motor yang sangat kuat dengan ban Bridgestone ” kata Valentino Rossi.

Maverick Vinales

Vinales : DNA Asli Yamaha M1 Muncul

Yamaha di MotoGP terkenal sangat digdaya saat melibas tikungan, kecepatan menikung. Poin keunggulan inilah yang membuat lawan tak berkutik di era kejayaan Yamaha.. M1 menjadi motor yang begitu kuat dengan Ban Bridgestone pada musim balap 2015. Tahun lalu, Maverick Vinales berujar bahwa karakteristik DNA asli Yamaha M1 muncul setelah 4 tahun .. itu artinya mengacu pada tahun 2015..

Ban merk Jepang Bridgestone sebagai pemasok tunggal di MotoGP mulai 2008 hingga 2015. Setelah 7 musim menjadi supplier tunggal ban MotoGP mulai tahun 2016, Michelin menggantikannya..

Juara MotoGP dengan Bridgestone

  • 2008 ( Yamaha- Rossi) – Bridgestone
  • 2009 ( Yamaha-Rossi) – Bridgestone
  • 2010 ( Yamaha -Lorenzo) – Bridgestone
  • 2011 (Honda -Stoner) – Bridgestone
  • 2012 (Yamaha-Lorenzo) – Bridgestone
  • 2013 ( Honda-Marquez) – Bridgestone
  • 2014 ( Honda-Marquez) – Bridgestone
  • 2015 (Yamaha-Lorenzo) – Bridgestone

Dari jumlah kemenangan Yamaha terlihat kuat dengan ban Bridgestone. Bisa dikatakan Yamaha lebih cocok dengan karakterisitk ban Jepang itu.. Bagaimana jika tim-tim dibebaskan memilih ban? Mungkin sejak saat itu akan ada ‘serangan badai’ dari para pembalap Yamaha atas Marquez yang kini mendominasi… Tidak akan mudah.!

2 Comments

    • Kalimat andae kok masih di pake.. haluuu

Leave a Reply