Mengapa MotoGP 2020 Silverstone Dibatalkan Sedangkan Balap Mobil F1 Tidak?

Beberapa nasib buruk menimpa MotoGP Silverstone Inggris termasuk tahun ini..

MotoGP vs Formula1

RiderTua.com – MotoGP Silverstone yang awalnya dijadwalkan untuk digelar pada 30 Agustus, akhirnya dibatalkan pada hari Jumat. Sementara balap mobil F1 yang direncanakan bulan Juli ditunda pada 2 dan 9 Agustus dengan balapan back-to-back di balik ‘pintu tertutup’. Mengapa MotoGP 2020 Silverstone dibatalkan sedangkan balap mobil F1 tidak?

Stuart Pringle- Silverstone Circuit
Stuart Pringle, direktur pelaksana trek Silverstone

Mengapa MotoGP 2020 Silverstone Dibatalkan Sedangkan Balap Mobil F1 Tidak?

“Rencana Dorna harus disatukan dan kelendar musim ini harus diatur dengan cara yang realistis dan dapat diandalkan,” kata Stuart Pringle, direktur pelaksana trek balap di Silverstone.. Selain itu untuk putaran Eropa Inggris berdasarkan letak geografisnya adalah yang “paling jauh” dan tidak bisa ditempuh dengan jalan darat atau merek menyebutnya ‘flyaway’… Dimana ada masalah tersendiri dengan logistik atau pengiriman peralatan..

Peta Eropa

Masalah Karantina

Selain itu, karantina selama 14 hari juga tidak membuatnya realistis untuk MotoGP. Sehingga dikhawatirkan pihak MotoGP tidak akan bisa menyusun rencana mereka tepat waktu… Tidak seperti di Formula 1, mereka mempunyai tim pengujian yang sangat luas dan menyeluruh dengan biaya yang sangat besar. Dan satu lagi sebagian besar tim F1 punya basis di Inggris, beda dengan MotoGP. Sehingga jelas tidak masuk akal bagi MotoGP untuk melakukan semua ini untuk sebuah balapan.

Markas Tim

Di Formula-1, ada 7 dari 10 tim balap punya markas di Inggris: Kecuali Alfa Romeo Racing (Hinwil), AlphaTauri (Faenza) dan Ferrari (Italia Maranello). Sementara tidak ada satupun dari 83 tim dari MotoGP ada disana!.

Kesimpulan bos sirkuit Silverstone Inggris, Pringle: “Apa yang menjadi keunggulan di Formula 1 adalah kekurangan di MotoGP karena semua tim balap sepeda motor memiliki markas di luar Inggris Raya”. Itulah sebabnya Formula-1 ingin menggelar 2 Balapan berturut-turut di Silverstone pada tanggal 2 dan 9 Agustus.

Sementara pihak sirkuit Silverstone sudah mengadakan perjanjian dengan Formula-1 yang memuaskan semua pihak. Sementara untuk MotoGP tidak sampai ke titik ini dengan Dorna karena tidak realistis di tingkat operasional. Balapan di balik pintu tertutup tidak berfungsi menurut pihak Silverstone jika mereka tidak dapat menjual tiket.

Ducati Setuju Balapan Senin di Silverstone Namun Kalah Suara

Nasib Buruk MotoGP

Akhir kata, beberapa nasib buruk menimpa MotoGP Silverstone Inggris. Pembatalan balapan pada tahun 2018 karena permukaan aspal baru terbukti tidak dapat digunakan dalam kondisi hujan. Dan kali ini di 2020 akibat krisis kesehatan.. Namun tahun 2019 sedikit menghibur dan membuktikan Silverstone adalah trek yang menarik dengan sajian duel menegangkan Alex Rins melawan Marc Marquez di meter-meter terakhir.

1 Comment

Leave a Reply