Teknologi Semi Otomatis Untuk Motor Dipatenkan Honda

RiderTua.com – Perkembangan teknologi di dunia otomotif sudah semakin maju dari tahun ke tahun. Tentu banyak pabrikan yang mengeluarkan serangkaian inovasi menarik dan cukup canggih. Seperti Honda yang tengah mengembangkan teknologi semi-otomatis untuk sepeda motor. Bahkan desainnya sudah dipatenkan baru-baru ini.

Baca juga: Honda akan Beri Dukungan Android 5.0 Untuk Gold Wing

Honda Mengembangkan Teknologi Semi-Otomatis

Dari desainnya, mungkin sekilas mengingatkan pada motor klasik Honda di masa lalu. Nyatanya desain ini berupa model retro CB110 tahun 70-an. Seakan memberi petunjuk kalau Honda menerapkannya pada motor ini, atau bisa saja sejenisnya.

Teknologi semi-otomatis ini tak lagi menggunakan DCT (dual clutch transmission). Padahal Honda sendiri yang paling sukses menerapkan DCT dan bisa terintegrasi dengan ECU, atau fully-functioning system in-house. Lalu kenapa tak dipakai lagi? Ternyata sistem DCT malah menambah bobot motor sehingga harus ‘ditinggalkan’ demi performa yang lebih optimal.

Teknologi Pintar

Meski tanpa DCT, teknologi semi-otomatis ini menggunakan gearbox 6 percepatan konvensional. Hanya saja, Honda sudah menyesuaikannya dengan teknologi yang akan dipasangkan pada CB110. Dengan absennya tuas kopling dan diganti aktuator, yang ditempatkan diatas silinder slave kopling.

Desain paten tersebut masih belum menjelaskan cara kerja kopling semi-otomatis tersebut. Apalagi apakah teknologi ini masih terhubung dengan ECU layaknya motor Honda kebanyakan.

Mungkin ini terdengar seperti sesuatu yang tak lazim, tapi begitulah inovasi dari Honda. Mereka berani menciptakan teknologi yang masih belum banyak atau jarang dipakai oleh produsen lain. Siapa tahu teknologi ini akan diterapkan ke motor selain CB110.

Be the first to comment

Leave a Reply