BMW Motorrad Indonesia Meluncurkan Generasi Terbaru BMW S1000 XR

1

RiderTua.com – BMW Motorrad Indonesia telah resmi meluncurkan generasi terbaru BMW S1000 XR secara virtual. Motor gede (moge) ini menjalani debutnya pada ajang EICMA 2019 lalu di Milan, Italia.

Baca juga: BMW Bikin Motor Otonom Tanpa Pengendara

BMW Motorrad Indonesia Meluncurkan Generasi Terbaru BMW S1000 XR

BMW S1000 XR ini adalah ‘menu komplit’ dari sebuah motor. Doi adalah sebuah moge touring namun dijamin sangat nyaman dikendarai untuk jarak jauh. Meski begitu, doi tetap menawarkan performa agresif layaknya sebuah motor sport.

Saat melakukan launching secara virtual, Joe Frans selaku CEO BMW Motorrad Indonesia menjelaskan lebih lanjut mengenai motor gacoan terbarunya ini melalui akun Youtube BMW Motorrad Indonesia.

“BMW S1000 XR merupakan motor adventure tapi mesinnya berkonfigurasi 4-silinder inline. Motor ini bisa dibilang kawinan motor sport dengan motor adventure.”

BMW S1000 XR ini mencomot mesin dari superbike S1000 RR. Karena itulah, jantung pacunya berkonfigurasi 4-silinder inline berkapasitas 999 cc liquid-cooled. Namun mesin ini mampu menghasilkan power menjadi 165 hp dengan torsi maksimum 114 Nm.

Dimana performa ini disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6-percepatan, Namun karena dianggap tak penting, motor ini tidak dibekali teknologi ShiftCam layaknya BMW S1000 RR.

Generasi terbaru BMW S1000 XR ini dibekali Adaptive Headlight Pro yang simetris. Lampu utama itu dikawinkan dengan teknologi LED DRL dan Active Cornering Light. Panel instrumen terkesan sangat modern dengan layar TFT 6,5 inci yang dapat disambungkan ke smartphone.

Untuk urusan peredam kejut, pada roda depan dipasang suspensi upside-down 45mm buatan Marzocchi dan bagian belakang monoshock swingarm. Uniknya, tingkat peredaman keduanya dapat diatur secara elektronik melalui tuas yang berada di handle-bar kiri.

Pada kaki-kaki, motor ini dibekali ban depan ukuran 120/70 ZR17 yang dipersenjatai dual-dics brake berdiameter 320mm radial mounted. Sementara pada ban belakang menggunakan ukuran 190/55 ZR17 yang dipadukan dengan single-dics brake 220mm. Tak hanya itu, untuk lebih meningkatkan keamanan, motor ini dibekali dengan sistem ABS (anti-lock braking system) pada kedua roda.

BMW S1000 XR ini punya bobot yang lumayan lebih ringan ketimbang generasi sebelumnya yakni hanya 226 kg. Superbike ini diklaim mampu digeber hingga 200 km/jam.

Motor yang terjun di kelas sport-touring 1.000cc ini, di Indonesia dibanderol Rp 719 juta (OTR).

1 COMMENT

Leave a Reply