Segmen Compact SUV Masih Kuat di Bulan Maret 2020

(Foto: Mobil123.com)

RiderTua.com – Kuartal pertama (Q1) tahun 2020 ini tak terlalu menguntungkan bagi produsen otomotif di Indonesia, terutama di bulan Maret. Pasalnya dampak dari pandemi membuat hampir semua penjualan mobil menurun. Walau begitu, segmen seperti compact SUV masih kuat bertahan. Meskipun segmen SUV lainnya banyak dilirik oleh konsumen.

Baca juga: Penjualan Nissan Livina Belum Membaik Walau Sudah Facelift

Segmen Compact SUV Pada Maret 2020

Memang segmen compact SUV tak seramai low SUV, meski jumlah mobil yang ada di kelas ini lumayan banyak. Dari Honda HR-V hingga pendatang baru seperti Kia Seltos. Tapi ada satu mobil kompak yang menguasai penjualan di segmennya.

Mobil tersebut tak lain adalah HR-V, dengan 2.681 unit terjual. Yang mengejutkan, HR-V adalah satu-satunya compact SUV yang hasil penjualannya melebihi 1.000 unit dicapai hanya dalam waktu sebulan. Tapi bagaimana dengan rival lainnya?

Kia Seltos dan Honda HR-V

Seltos mencatatkan 63 unit yang terjual hingga bulan Maret lalu. Hasil ini menurun dari bulan Februari yang mencapai 116 unit. Sepertinya sebagai mobil pendatang baru, cukup sulit untuk melawan mobil yang sudah menjadi ‘juara bertahan’.

Suzuki dengan SX4 S-Cross terjual hingga 54 unit di bulan yang sama. Disusul Mazda CX-6 sebanyak 38 unit dan Toyota C-HR 32 unit. Sempat ada kabar kalau C-HR varian two-tonenya tak ada yang terjual, tapi single tone hingga varian hybrid yang paling banyak diincar.

Lalu Mitsubishi Outlander Sport hanya terjual 4 unit saja, dan Hyundai Kona hanya 2 unit. Sementara Chevrolet Trax dan Nissan Juke masing-masing satu unit. Memang keduanya takkan dijual lagi di Indonesia, walau Juke kemungkinan kuat akan diganti oleh Kicks.

Be the first to comment

Leave a Reply