Terlihat Aneh! Honda Patenkan Spoiler Belakang Baru untuk Motor Sportnya

Honda Patenkan Spoiler Belakang Baru untuk Motor Sportnya

RiderTua.com – Jika di MotoGP kita tidak asing lagi dengan winglet. Honda mengajukan paten untuk ‘Rear Spoiler’ pada varian motorsportnya. Gambar desain yang muncul memastikan Honda sedang mengerjakan unit aerodinamika belakang baru untuk lini produknya. Honda patenkan spoiler belakang baru untuk motor sportnya…

Honda Patenkan Spoiler Belakang Baru untuk Motor Sportnya

Memang dalam beberapa tahun terakhir, produsen sepeda motor memperkenalkan sayap atau winglet namun penempatannya di bagian depan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan aerodinamika dan meningkatkan downforce. Sekarang Honda terlihat mencoba untuk bermain-main di area belakang motor belakang.

Aerodinamika di bagian ekor ini dirancang dengan tujuan untuk memperlancar aliran udara yang turun ke punggung pengendara. Tetapi serangkaian gambar desain yang diajukan oleh Honda mengkonfirmasi bahwa pabrikan Jepang itu sedang mengerjakan solusi lain. Dan dari apa yang dapat kita lihat, sayap ini mirip dengan pengaturan pada Ducati Panigale V4

Paten menunjukkan satu unit jok dan sayap belakang mirip spoiler mobil.. dan yang paling menarik adalah ukuran spoiler belakangnya itu yang besar. Desain ini bertujuan untuk menggabungkan saluran udara di bagian di mana udara dapat mengalir secara langsung. Dengan hal ini seharusnya membantu mendorong aliran udara yang lebih linier di belakang pengendara.

Ide yang sangat menarik, bahkan jika itu terlihat sedikit berlebihan (terlalu aneh modelnya). Kita tunggu saja apakah desain ini akan menjadi bentuk dari motor produksi massal dari Honda. Bisa jadi ini akan dipakai untuk CBR Fireblade untuk tahun 2020, tidak ada yang tidak mungkin. Kalau dilihat dari sisi estetika, desain winglet akan sedikit mengurangi nilainya.. Terlihat seperti pesawat..

Be the first to comment

Leave a Reply