Sejarah Toyota Starlet yang Kini Hampir Terlupakan

0

RiderTua.com – Mobil – Akhir-akhir ini banyak orang yang mulai membicarakan Starlet lagi. Mobil hatchback klasik Toyota ini dikabarkan akan dihidupkan kembali, walau belum bisa dipastikan. Sepertinya sejarahnya yang sempat terlupakan kini kembali ‘terbit’. Sejarah Toyota Starlet yang kini hampir terlupakan.

Baca juga: Benarkah Toyota Starlet akan Dihidupkan Kembali ?

Sejarah Toyota Starlet yang Kini Hampir Terlupakan

Walau muncul di Indonesia pada tahun 1985, Starlet pertama kali dibuat pada tahun 1973. Meski berbeda jenis, Starlet generasi pertama sekilas terlihat seperti Corolla dengan bodi lebih pendek. Mobil ini sepertinya dibuat untuk menghadang dominasi Datsun Cherry pada saat itu.

Dilansir dari kompas.com (30/03/2020), Starlet pertama kali hadir di Tanah Air dalam model generasi ketiga sebagai Starlet Kotak atau Starko. Disebut begitu karena bodinya yang mengotak dan tentu ini menjadi daya tariknya. Starko ditenagai oleh mesin 1.000 cc SOHC 4 silinder 16 katup.

Tak hanya mesin 1.000 cc saja, ada juga mesin 1.300 cc SOHC. Keduanya menggunakan transmisi manual 4 percepatan. Starko menjadi andalan Toyota Indonesia saat itu untuk melawan Honda Civic Wonder, Daihatsu Charade, dan Suzuki Forsa.

Indonesia menjadi negara kedua setelah Jepang yang memproduksi Starlet. Starko dijual hingga tahun 1989 dan digantikan oleh Starlet Kapsul. Tak seperti model pendahulunya, Starlet Kapsul lebih mirip dengan Great Corolla.

Semua penjualan Starlet di Indonesia akhirnya dihentikan pada tahun 1998, sementara di dunia setahun setelahnya. Model ini kemudian digantikan oleh Yaris. Entah apakah memang Toyota ingin menghidupkan Starlet layaknya model klasik seperti Supra.

Leave a Reply