Truk Hidrogen akan Digarap oleh Toyota-Hino

sopir truk ugal-ugalan
(Foto: Youtube)

RiderTua.com – Mobil – Kalau mobil hidrogen mungkin sudah biasa. Tapi kalau truk bertenaga hidrogen pasti masih belum familiar, karena belum ada yang membuatnya. Sehingga Toyota-Hino duluan mengembangkan kendaraan ramah lingkungan ini. Truk hidrogen akan digarap oleh Toyota-Hino.

Baca juga: Bisakah Facelift Mendongkrak Penjualan Toyota Agya ?

Truk Hidrogen akan Digarap oleh Toyota-Hino

Sebenarnya inovasi membuat truk ramah lingkungan sudah lama menjadi perbincangan di dunia otomotif. Setelah menerapkannya pada mobil, kendaraan heavy-duty yang menjadi ‘sasarannya’. Walau tentu dengan bodi besar membutuhkan tenaga yang besar pula.

Truk listrik kini sudah dikembangkan oleh beberapa merek seperti Mitsubishi Fuso. Tapi untuk truk hidrogen masih jarang, dan Toyota-Hino mengambil kesempatan tersebut untuk memulainya lebih dulu. Apalagi Toyota sudah berpengalaman dalam membuat mobil hidrogen seperti Mirai.

Melansir detik.com (24/03/2020), truk tersebut akan menggunakan basis dari Hino Profia, dengan sasis khusus. Ini bertujuan agar mengoptimalkan kemampuannya yang hanya menggantungkan pada sel bahan bakar. Bahkan dikatakan sanggup melaju hingga sejauh 600 km dalam sekali isi bahan bakar.

(Foto: Otomotif Kompas)

Kemudian dua fuel cell stack ‘dipinjam’ dari hasil pengembangan Toyota Mirai. Model tersebut merupakan mobil hidrogen pertama dari pabrikan Jepang ini untuk melawan Honda Clarity. Tapi tentu saja sudah disesuaikan dengan kemampuan truk tersebut.

Belum jelas kapan truk hidrogen tersebut bisa selesai digarap. Tapi kalau untuk dijual secara massal tentu perlu waktu lama agar perusahaan komersil bisa menyesuaikan diri dengan truk jenis ini. Tapi bisa saja truk ini menuai sukses layaknya Mirai.

Be the first to comment

Leave a Reply