Kebiasaan Ini Bisa Membuat Cruise Control ‘Berbahaya’ ?

RiderTua.com – Mobil – Mungkin banyak orang sudah tahu dengan cruise control. Fitur ini biasanya ditemukan pada mobil sejenis MPV atau bahkan di mobil mewah bisa lebih canggih lagi. Namun cruise control bisa menjadi berbahaya akibat dari kebiasaan buruk ini! Kebiasaan ini bisa membuat cruise control ‘berbahaya’.

Baca juga: Honda Mobil Raih Kenaikan Pangsa Pasar di Indonesia

Kebiasaan Ini Bisa Membuat Cruise Control ‘Berbahaya’ ?

Cruise control memiliki kegunaan yang cukup unik namun berguna. Melansir kompas.com (08/03/2020), jika diaktifkan, maka pengemudi tak perlu menginjak gas lagi. Mobil dengan sendirinya akan berjalan sendiri, dengan kecepatan minimal 60 km/jam, dan berhenti berfungsi ketika menginjak pedal rem.

Sebenarnya fitur ini lebih cocok digunakan saat mobil dikendarai di jalan tol. Apalagi ketika pengemudi sedang melakukan perjalanan jauh. Di Indonesia sendiri memang sudah banyak jalan tol di Pulau Jawa dan Sumatra.

Namun walau dengan cruise control, pengemudi harus tetap fokus dan tak lengah. Apalagi diperburuk dengan kebiasaan buruk seperti berpindah lajur secara mendadak tentu berpotensi mengakibatkan tabrakan. Kebiasaan ini dianggap bisa membuat fitur cruise control menjadi ‘berbahaya’.

Hyundai memiliki fitur cruise control yang mengandalkan AI

Walaupun begitu, sebenarnya ini terjadi akibat kebiasaan buruk pengemudi itu sendiri. Ini sudah seperti kebiasaan di Indonesia, dan beberapa kali ada laporan kecelakaan akibat salah satu kendaraan berpindah jalur mendadak. Lalu bagaimana bisa mengatasinya?

Mudah saja, yaitu melihat kondisi jalan tol itu sendiri. Jika dirasa cukup lenggang, maka fitur cruise control bisa diaktifkan. Tapi pengemudi tetap fokus di jalan, agar bisa lebih waspada dan berjaga-jaga jika ada kendaraan lain di dekatnya.

Be the first to comment

Leave a Reply