Dibalik Arti RS, Tipe Line-Up Mobil Khas Honda

RiderTua.com – Mobil – Mungkin sudah banyak yang tahu soal tipe RS pada mobil Honda. Kebanyakan disematkan pada mobil jenis city car, hatchback, bahkan LCGC seperti Brio. Lalu apa arti dari tipe RS ini? Dibalik arti RS, tipe line-up mobil khas Honda.

(Foto: OtoDriver.com)
Baca juga: Penjualan Mobil Honda Januari 2020 Meningkat

Dibalik Arti RS, Tipe Line-Up Mobil Khas Honda

Sebenarnya tipe RS (Road Sailing) masih senada dengan dua tipe Honda seperti SI dan Type R. Ketiganya bisa dikatakan sebagai tipe sporty-nya Honda. Meskipun begitu, tipe RS yang paling terkenal daripada SI dan Type R.

Melansir detik.com (20/02/2020), Honda Prospect Motor (HPM) menjelaskan kalau tipe RS sudah menjadi identitas sporty dari Honda. Seolah mereka adalah ahlinya mobil sport, karena kualitasnya memang cukup bagus. Kalau ada mobil yang mau ditambahkan tipe RS, maka DNA sporty-nya akan dimasukkan pula.

Tapi kebanyakan jajaran mobil Honda mengarah ke mobil sport. Contohnya Civic Hatchback RS, yang seolah terlihat seperti Civic Type R yang lebih sporty. Meskipun Honda juga mengarah ke mobil kelas luxury, dengan mengandalkan merek Acura.

Lalu apa bedanya dengan tipe SI dan R? Tipe RS dikatakan sebagai tipe ‘everyday sport’, atau mobil harian dengan performa ala mobil sport. Lalu tipe SI (Sport Injected) merupakan tipe satu tingkat lebih tinggi dari RS. Terakhir yaitu tipe R (Racing), yang lebih diandalkan sebagai mobil racing, contoh paling gampang yaitu Civic Type R.

Jika dibandingkan dengan SI dan R, tipe RS yang paling banyak ditemukan pada mobil Honda. Tapi ada potensi kalau Honda bisa memperluasnya ke merek lain. Sepertinya ketiga tipe sporty ini akan bersaing dengan tipe sporty Toyota seperti TRD Sportivo dan GR (Gazoo Racing).

Be the first to comment

Leave a Reply