Deretan Mobil Kembar yang Terkenal di Indonesia

RiderTua.com – Mobil – Soal mobil kembar tentu sudah menjadi pemandangan biasa di dunia otomotif. Biasanya ini terjadi karena produsen yang berbagi platform dengan produsen lainnya. Di Indonesia, banyak contoh dari model kembar ini. Deretan mobil kembar yang terkenal di Indonesia.

rush-terios 2018
(Foto: Youtube) rush-terios 2018
Baca juga: Toyota Masih Jadi Merek Mobil Terlaris di Indonesia

Deretan Mobil Kembar yang Terkenal di Indonesia

Melansir kompas.com (16/02/2020), biasanya produsen melahirkan mobil kembar karena adanya bagi platform. Tak hanya platform, tetapi juga wheelbase, sasis, hingga seatbelt mounting point. Ini dilakukan untuk menghemat biaya riset dalam pembuatan mobil baru.

Biasanya mobil kembar tersebut berada di segmen yang sama, walau dengan produsen yang berbeda. Contoh paling gampang yaitu mobil kembar dari Toyota-Daihatsu. Antara lain Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, Calya-Sigra, hingga Raize-Rocky.

Kemudian ada mobil kembar yang dibuat oleh produsen yang sama. Seperti Honda dengan Brio-Mobilio/BR-V. Mobil Honda lainnya seperti Jazz, City, Freed, hingga HR-V dibangun dari platform yang sama, yaitu Global Small Car.

Mobil kembar selanjutnya yaitu Mitsubishi Xpander-Nissan Livina (G2). Untuk membuat model baru untuk LMPV andalannya, Nissan memanfaatkan keuntungan aliansi dengan Mitsubishi. Yaitu meminjam platform dari Xpander, namun dengan grille V-Motion yang dipertahankan.

Yang terbaru yaitu Suzuki Ertiga dengan XL7. Sejatinya keduanya menggunakan platform Heartect Suzuki yang juga digunakan pada Baleno dan Ignis. Namun Ertiga dan XL7 punya kemiripan dari segi bodi mobil, layaknya Xpander dengan Xpander Cross.

Be the first to comment

Leave a Reply