Mobil Listrik Lebih Diistimewakan daripada Hybrid ?

RiderTua.com – Mobil – Kendaraan ramah lingkungan selalu mendapat ‘perlakukan yang spesial’. Namun entah mengapa mobil listrik lebih diistimewakan dari jenis hybrid. Ternyata inilah alasannya kenapa model hybrid seperti ‘dianaktirikan’. Mobil listrik lebih diistimewakan daripada hybrid.

Baca juga: Porsche Belum Bisa Bawa Mobil Hybrid ke Indonesia

Mobil Listrik Lebih Diistimewakan daripada Hybrid ?

Mobil hybrid biasanya dijual lebih dulu sebelum memulai masa transisi ke kendaraan listrik. Namun insentif yang akan diberlakukan hanya mencakup kendaraan listrik dan bukannya hybrid. Padahal emisi yang dikeluarkan lebih sedikit dari mobil bensin biasa.

Melansir detik.com (09/02/2020), tentu keadaan ini membuat produsen mobil agak kesulitan untuk menjual mobil hybrid di Indonesia. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meminta agar pemerintah tak mengabaikan mobil hybrid. Ini karena model hybrid dianggap sebagai solusi menuju era kendaraan listrik.

Di Indonesia sendiri, belum banyak fasilitas pendukung kendaraan listrik. Sehingga mobil hybrid menjadi solusi untuk memulai adaptasi sebelum beralih ke listrik. Namun karena harganya yang masih mahal membuatnya tak selaris mobil selain listrik.

Mobil jenis PHEV (plug-in hybrid) atau hybrid biasa menjadi langkah awal sebelum masuk ke era elektrifikasi. Meski masih mengandalkan bensin, emisi yang dihasilkan cukup minim. Memang seharusnya mobil hybrid juga mendapat perhatian.

Sementara mobil listrik belum sepenuhnya dijual secara umum, tapi terbatas sebagai armada taksi. Jadi memang benar mobil hybrid yang lebih dulu diprioritaskan. Dengan begitu tak ada kendaraan ramah lingkungan yang ‘dikucilkan’.

Be the first to comment

Leave a Reply