Waduh, Aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault Terancam Bubar !

aliansi-renault-nissan-mitsubishi
(foto: News Okezone.com) aliansi-renault-nissan-mitsubishi

RiderTua.com – Mobil – Akhir-akhir ini Nissan sering diterpa kabar tak sedap. Produsen mobil ini didera masalah finansial oleh eks CEO-nya, Carlos Ghosn. Akibatnya, aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault berada di ujung tanduk. Waduh, aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault terancam bubar.

Pabrik Nissan di Jepang Diijinkan Produksi Lagi

Baca juga: Terus Didera Masalah, Nissan Potong Dana Anggaran ?

Waduh, Aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault Terancam Bubar !

Tentu ini kabar mengejutkan, mengingat aliansi ini sudah berdiri sejak tahun 1999 (tahun 2016 Mitsubishi masuk aliansi). Mungkin rasanya berat untuk membubarkannya, tapi bawahannya Ghosn malah senang. Lho?

Dilansir dari detik.com (13/01/2020), ternyata aliansi ini sudah ‘bermasalah’ sejak Ghosn memimpin Nissan. Beberapa keputusannya, seperti menggabungkan produksi Nissan dan Renault tidak disetujui manajer dan insinyurnya. Mungkin masih ada lagi keputusan Ghosn yang dicap kontroversial.

Nissan dan Mitsubishi sendiri tak mau berbicara banyak soal masalah aliansi tersebut. Sementara chairman Renault, Jean-Dominique Senard, mengaku ragu dengan aliansi tersebut. Hal ini diutarakannya setelah Ghosn ditangkap.

Karena itulah, para eksekutif disana mulai menyusun rencana darurat untuk membubarkan aliansi ‘tiga sekawan’ tersebut. Tapi Nissan dan Mitsubishi yang akan memisahkan diri dari Renault. Entah apakah aliansi tetap berlanjut tanpa produsen asal Prancis tersebut.

Kasus yang menimpa Ghosn sudah meluas hingga ke aliansi bentukannya sendiri. Sementara ia sendiri sudah kabur dari Negeri Sakura. Sepertinya Ghosn harus siap menghadapi masalah lebih besar lagi jika kembali ke Jepang.

Be the first to comment

Leave a Reply