Kenapa Yamaha Sangat Cepat Saat Tes, Namun Keteteran dalam Race?

Motor-motor Yamaha Sangat Peka dengan Perubahan Grip Aspal

RiderTua.com – Keunikan motor Yamaha dalam beberapa tahun ini di MotoGP adalah selalu menjadi yang tercepat saat tes, atau latihan. Tim garputala ini telihat perkasa dalam sesi pra race atau tes pra musim.. Kenapa Yamaha sangat cepat saat tes, namun keteteran dalam race?

Kenapa Yamaha Sangat Cepat Saat Tes, Namun Keteteran dalam Race?

Bagaimana menjelaskan keunggulan di tim Jepang ini di balapan kering. Dimana kondisi ini diperlihatkan beberapa kali oleh Fabio Quartararo tahun lalu. Namun faktanya saat balapan sesungguhnya dalam long lap motor Yamaha keteteran. Mereka alami kesulitan dengan kecepatan balapan ( race pace)?. Mengapa M1 selalu berada di puncak selama tes MotoGP dan kemudian naik perlahan dari posisinya selama balapan?

Yamaha Sangat Peka dengan Perubahan Grip Aspal

Menurut Vinales, penjelasannya terletak pada karet bekas ban yang ada di trek. “Selama pengujian hanya ada ban Michelin di aspal, jadi cengkeramannya sangat fantastis untuk motor yamaha. Tetapi ketika balapan di setiap seri dimulai, balapan MotoGP digelar setelah Moto2 di mana mereka menggunakan ban Dunlop, perasaan di trek berubah. Dan motor Yamaha adalah yang paling menderita ketika level grip berubah.” kata Vinales yakin..

Namun kenapa tidak dialami tim lain?.. Itulah PR yang harus dikerjakan oleh insinyur Yamaha. Semua motor Yamaha hanya bagus di trek yang masih bersih dari ‘kontaminasi’ ban merk lain ( dunlop).. Yamaha M1 sangat peka terhadap perubahan kondisi lintasan…

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP5):

  1. Pesta Petasan Tahun Baru Memakan Korban, Mantan Insinyur Suzuki MotoGP Ini Meninggal
  2. Rossi Pindah ke Tim Satelit Petronas?
  3. Motor Balap Legendaris Honda NSR500: Pembalap MotoGP Ini Duduk di Atas Knalpot Motornya !
  4. Marquez: Hanya Balapan dan Tak Mampu Rebut Gelar Dunia Lebih Baik Dia Pensiun Saja, Sindir Rossi?
  5. Loh, Honda Sudah 2 Kali Tawari Dani Pedrosa Menjadi Tes Rider Atas Permintaan Marquez !

1 Comment

Leave a Reply