Kembaran Yamaha Xabre dari China

RiderTua.com – Rumor yang menyatakan PT. YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) bakal menghentikan penjualan Yamaha Xabre dalam waktu dekat santer beredar. Namun salah satu pabrikan motor lokal di China malah membuat kembarannya. Kembaran Yamaha Xabre dari China.

Baca juga : Penantang Yamaha Xabre Asal Thailand ini Dibanderol Lebih Murah

Kembaran Yamaha Xabre dari China

Penghentian penjualan Yamaha Xabre di tanak air ini tak lepas karena Yamaha telah menghadirkan Yamaha MT-15 sebagai alternatif penggantinya sejak Oktober 2018 silam.

Seperti dikutip dari Newmotor.com.cn, di China, pabrikan motor lokal yang bernama Shengsi Qidian baru saja merilis motor naked bike 150cc terbaru. Dilihat secara kasat mata, motor ini punya desain atau tampilan yang mirip sama Yamaha Xabre.

Motor yang diberi nama King Kong KD150-U ini dijual di China dengan harga CNY13.800 atau Rp 27,6 juta-an. Jelas lebih murah dari Yamaha MT-15 yang dibanderol Rp 30,7 jutaan (Kurs CNY1 = Rp2.001).

Desain

Jika dilihat lebih teliti, King Kong KD150-U ini bukan kembaran atau hasil kloning dari Yamaha Xabre. Terdapat beberapa komponen yang punya desain yang berbeda.

Dilihat dari sektor depan, King Kong KD150-U memiliki sepasang LED DRL dan dual-LED headlight bertumpuk ala Suzuki Satria di tengahnya. Bentuk spakbornya pun berbeda dengan aksen lubang di bagian samping.

Pada bagian tangki King Kong KD150-U dibuat lebih menjulang dengan shroud yang ramai tekukan. Di bawahnya, terpasang body yang tersambung sampai under-cowl atau cover mesin.

Body samping dan jok split-seat King Kong KD150-U juga tampak jauh lebih agresif dibanding Yamaha Xabre. Selain itu, tak ada spakbor belakang dan fungsinya digantikan oleh mud-guard.

Meski demikian, secara keseluruhan siluet body King Kong KD150-U itu memang tampak mirip dengan Yamaha Xabre. Pasalnya, naked-bike ini memang mengusung konsep streetfighter yang gahar dan agresif.

Mesin

Untuk urusan performa, King Kong KD150-U mengandalkan mesin 1-silinder 149 cc liquid-cooled. Dapur pacu bertenaga 17,5 hp dan torsi 16 Nm ini dikawinkan dengan knalpot under-belly. Selain itu, motor ini juga telah menggunakan teknologi keyless.

Kaki-Kaki

Beralih ke bagian kaki-kaki, King Kong KD150-U juga tampak mirip dengan Yamaha Xabre. Sektor depannya dibekali suspensi upside-down yang dipadu ban ukuran 110/70-17.

Sementara itu, bagian belakangnya ditopang monoshock dan ban ukuran 130/70-17. Menariknya, swingarm King Kong KD150-U ini juga berbentuk banana atau melengkung, namun dengan rangka di bagian luarnya.

Berbeda dengan Yamaha Xabre, masing-masing disc-brake di kedua roda King Kong KD150-U ini telah dibekali sistem pengereman ABS keluaran produsen Jerman, Bosch.

Be the first to comment

Leave a Reply