Recall Gran Max-Luxio Terus Dilakukan, Kenapa Belum Selesai ?

RiderTua.com – Mobil – Beberapa bulan lalu, Astra Daihatsu Motor (ADM) sempat mengumumkan recall terhadap unit Gran Max dan Luxio. Hal ini lantaran ditemukan adanya masalah pada mesinnya. Namun kenapa belum selesai sampai sekarang? Recall Gran Max-Luxio terus dilakukan, kenapa belum selesai.

Baca juga: Gaet Konsumen Milenial, Ini Strategi Daihatsu

Recall Gran Max-Luxio Terus Dilakukan, Kenapa Belum Selesai ?

Melansir kompas.com (07/12/2019), masalah yang ditemukan tepatnya pada bagian connecting rod. Komponen ini berpotensi bisa rusak karena memuai. Sehingga mesin tak bisa dijalankan secara normal.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ADM mengumumkan penarikan terhadap unit yang bermasalah tersebut. Jumlahnya cukup banyak, yaitu mencapai 36.915 unit.

Walau dengan jumlah unit yang terdampak tersebut cukup banyak, nyatanya target recall masih cukup jauh. Hingga kini, dari 7 ribu orang yang sudah mendapat pemberitahuan, baru 2,4 ribu yang melakukan booking. Kemudian yang sudah diperbaiki baru 1.000 unit.

ADM mengaku kalau lambatnya proses recall ini disebabkan karena jenis mobil yang di-recall. Gran Max dan Luxio merupakan mobil komersial, sehingga jarang masuk ke bengkel. Mobil jenis ini sering digunakan sehari-hari, baik itu untuk rental (versi van) ataupun angkutan barang.

Karena melibatkan komponen bermasalah yang rumit, maka proses perbaikannya memakan waktu cukup lama, yaitu sekitar 11 hingga 14 jam. Namun ADM tidak mematok biaya apapun untuk perbaikan ini.

Be the first to comment

Leave a Reply