Mobil Pikap untuk Pertambangan Harus Dimodif Dulu ?

(Foto: Youtube)

RiderTua.com – Mobil – Kendaraan jenis pikap menjadi salah satu kendaraan komersil paling dicari di Indonesia. Terutama mobil pikap single atau double cabin, yang biasanya digunakan dalam industri perkebunan atau pertambangan. Tapi kenapa harus dimodif dulu sebelum diterapkan? Mobil pikap untuk pertambangan harus dimodif dulu.

Mobil pikap di area pertambangan batu bara (riaumadani.com)
Baca juga: Hyundai Mau Produksi Mobil Pikap Santa Cruz ?

Mobil Pikap untuk Pertambangan Harus Dimodif Dulu ?

Sebenarnya mobil pikap sudah dilengkapi dengan berbagai kemampuan khas SUV. Seperti fitur keselamatan yang mumpuni. Namun ada beberapa pertimbangan mengapa pikap untuk pertambangan harus dimodif terlebih dahulu.

Dilansir dari detik.com (01/12/2019), mobil pikap jenis 4×4 lebih diutamakan kalau digunakan di area pertambangan. Sementara yang jenis 4×2 lebih cocok di luar area, atau berpergian ke daerah yang jalannya tidak terlalu ekstrem.

Sementara untuk modifikasi tambahan biasanya tergantung dari perusahaan. Seperti mengganti ban yang lebih cocok dengan keadaan area pertambangan, lampu sirine, dan terkadang memakai antena super panjang.

Antena ini merupakan bagian yang mencolok pada pikap di pertambangan. Biasanya diletakkan di bumper depan sebelah kiri. Walau terlihat sepele, antena dan sirine tersebut bisa digunakan untuk memberitahu supir truk besar bahwa ada kendaraan kecil didekatnya.

Modifikasi seperti ini hanya bisa ditemukan di industri pertambangan saja. Untuk perkebunan atau industri lainnya tidak butuh modifikasi terlalu banyak. Tapi kalau hanya mengganti ban masih boleh.

Be the first to comment

Leave a Reply