Inilah Mobil Listrik Pertama Tanpa Baterai !

RiderTua.com – Mobil – Biasanya mobil listrik dilengkapi dengan baterai. Hal ini bertujuan untuk memberi sumber daya untuk kendaraan agar tetap melaju. Tapi lain dengan Lamborghini Sian, supercar listrik ini tak perlu baterai! Inilah mobil listrik pertama tanpa baterai.

Baca juga: Inilah Mobil Lamborghini Pertama Bermesin Hybrid !

Inilah Mobil Listrik Pertama Tanpa Baterai !

Mungkin terdengar aneh kalau ada mobil listrik tanpa baterai. Tapi ini benar-benar diwujudkan oleh produsen supercar asal Italia ini. Melansir detik.com (08/11/2019), ternyata ada teknologi pengganti baterai mobil yang disematkan pada Sian.

Teknologi ini dikembangkan oleh Lamborghini dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Paten konsep Terzo Millenio ini dibuat dari bahan sintesis, menghasilkan kumpulan bahan dengan struktur molekul ideal untuk memproduksi elektroda super kapasitor.

Komponen super kapasitor dirakit oleh tim lain dari MIT. Tepatnya oleh tim Profesor Mircea Dinca dari Departemen Kimia. Mungkin bisa dibayangkan betapa sulitnya merancang sebuah teknologi canggih seperti ini.

Jika dipadu dengan super konduktor, maka tenaga yang dihasilkan bisa lebih besar dari mobil listrik dengan baterai biasa. Ke depannya, tim bisa mengembangkannya lagi dan menambah tenaganya pula.

Tak hanya menghasilkan tenaga besar, super kapasitor ini dapat diisi daya dalam waktu cukup cepat. Bahkan teknologi ini tak kenal kapasitas layaknya baterai, sehingga bisa diisi hingga jutaan kali.

Be the first to comment

Leave a Reply