Honda Resmi Luncurkan CBR1000RR-R Fireblade, Born to Race

RiderTua.com – Motor – Setelah ditunggu sekian lama akhirnya Honda meluncurkan superbike terbarunya CBR1000RR-R Fireblade. Mesin superbike ini mirip punya motoGP. Honda resmi luncurkan CBR1000RR-R Fireblade, born to race.

Baca juga : Beringas, Inilah Motor Racikan HRC Honda CBR1000RR 2020, Penantang Ducati V4R di WSBK!

Honda Resmi Luncurkan CBR1000RR-R Fireblade, Born to Race

Honda CBR1000RR-R ini menampakkan diri di EICMA, Milan, Italia hari ini (4/11/2019).

Jika mengamati nama dari motor ini, ada tambahan huruf R lagi dibelakang double R didepannya. Tak main-main huruf R ada tiga. Apa maksudnya ? Ini mungkin yang menjadi pembeda dari generasi sebelumnya. Jadi jangan heran jika motor ini punya tagline ‘Born to Race’.

Penampilan motor ini juga berubah dibanding generasi sebelumnya. Garis bodi dan bagian muka terlihat lebih runcing tajam.

Pada bagian muka terdapat dua lampu utama sipit di kiri dan kanan yang mengapit ram air intake yang berukuran lumayan besar.

Di bagian fairing samping kiri dan kanan tampak jelas terdapat lubang dan ada tiga buah sirip di dalamnya. Ini merupakan perangkat winglet untuk down force tersembunyi.

Yang bikin WOW adalah mesinnya. Meskipun masih menggunakan mesin 4-langkah 4-silinder segaris DOHC 16 katup berpendingin cairan seperti generasi sebelumnya, namun dari datanya mesin ini punya performa yang kuat. Bahkan Honda mengklaim ini merupakan mesin inline 4-silinder terkuat yang pernah dibuat Honda.

Tenaga maksimal dari mesin berkapasitas 999,9 cc ini mencapai 160 kW atau sekitar 215 dk! Itu didapat di 14.500 rpm. Sementara torsi 113 Nm di 12.500 rpm.

Jelas, tenaga yang dihasilkan mesin ini lebih besar dari Kawasaki Ninja ZX-10RR yang hanya sekitar 210 dk.

Perubahan drastis yang dilakukan oleh Honda pada mesin juga jelas terlihat dari bore x stroke yang kini digunakan, yaitu 81 mm x 48,5 mm.

Bore 81 mm ini persis dengan yang digunakan Honda RC213V di MotoGP, dan merupakan ukuran maksimal yang diperbolehkan di balap prototype tersebut. Angka itu juga diterapkan Ducati pada Panigale V4.

Honda CBR1000RR-R terbaru ini tersedia dalam 2 versi, yaitu standar dan SP. Bedanya yang versi SP menggunakan suspensi Ohlins NPX S-EC dan TTX-36 S-EC, juga rem depan Brembo Stylema.

2 Comments

Leave a Reply