Ketika Daihatsu Xenia Mulai Terdesak oleh Rival Sekelasnya…

RiderTua.com – Mobil – Awal Januari lalu, Toyota bersama Daihatsu meluncurkan facelift untuk Avanza dan Xenia. Kedua mobil LMPV ini kini hadir dengan membawa wajah baru. Walau begitu, nasib keduanya mulai terlihat beberapa bulan kemudian. Ketika Daihatsu Xenia mulai terdesak oleh rival sekelasnya…

 

Baca juga: Toyota Naikkan Harga Mobil, Daihatsu Belum ?

Ketika Daihatsu Xenia Mulai Terdesak oleh Rival Sekelasnya…

Dilansir dari Kompas.com (08/10/2019), Avanza tetap berada di peringkat teratas penjualan LMPV di Indonesia. Sementara Xenia berada jauh di belakangnya. Apa yang sebenarnya terjadi?

Segmen LMPV kini semakin lama semakin sesak dipenuhi oleh beragam model. Sebut saja Xpander, Ertiga, Mobilio, Confero, dan Livina. Makin banyak yang datang, makin ketat persaingannya.

Akibatnya, Xenia malah kena imbas dari persaingan ini. Penjualan pada Juli 2019 yang semula 675 unit menurun hingga 462 unit sebulan setelahnya.

Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah mengetahui terjadinya penurunan tersebut. Tapi hal ini disebabkan oleh produksinya yang harus mengalah dari produksi untuk ekspor.

Daihatsu Xenia 2019 (Sumber: Merdeka.com)

Kapasitas produksi Xenia memang terbatas, mungkin tak bisa ditambah lagi. Apalagi ADM harus memenuhi permintaan dari dalam dan luar negeri. Tentu ini merepotkan, dengan kapasitas produksi yang terbatas ini.

Tapi ADM melihat kondisi yang dialami Xenia hanya berlangsung sementara saja. Mungkin dalam beberapa bulan ke depan, penjualannya bisa naik lagi seperti dulu.

Be the first to comment

Leave a Reply