10 Fakta Benua Kuning: Rossi Bagai Matahari di Asia, Namun Seperti Bulan Redup di Thailand

0

RiderTua.com – MotoGP. Valentino Rossi di Asia dan Thailand bagai Matahari dan Bulan… Di Asia, Rossi adalah pembalap yang memenangkan paling banyak di kelas MotoGP, tetapi di Sirkuit Chang – Thailand, merupakan salah satu dari empat sirkuit di mana dia kurang sukses… Berikut 10 fakta Benua Kuning: Rossi bagai Matahari di Asia, namun seperti Bulan redup di Thailand..

Rossi Bagai Matahari di Asia, Namun Seperti Bulan Redup di Thailand

Kejuaraan Dunia MotoGP akan menderu di Buriram, sebuah trek yang baru masuk kalender tahun lalu untuk pertama kalinya. Pemenang seri perdana GP Thailand 2018 adalah Marc Marquez ( Honda). Memimpin +0.115 detik atas Andrea Dovizioso ( Ducati) dan Maverick Vinales ( Yamaha) yang tertinggal +0.270 detik.

10 Fakta MotoGP di Benua Kuning:

Berikut ini adalah fakta tentang Sirkuit Asia dan Thailand :

  1. Buriram merupakan trek ke-28 dalam sejarah MotoGP mulai tahun 2002.
  2. Thailand merupakan negara Asia ketujuh yang menjadi tuan rumah MotoGP. Enam lainnya adalah Qatar, Turki, Jepang, Malaysia, Cina dan Indonesia.
  3. Hingga saat ini ada 285 balapan digelar di Asia: MotoGP (59 kali), GP500cc (30 kali), Moto2 (48 kali), 350cc (4 kali), 250cc (47kali), Moto3 (44 kali), 125cc(49 kali), 80cc (4 kali).
  4. Buriram merupakan sirkuit kesebelas yang digunakan untuk balapan di benua Asia. Data lengkapnya adalah Suzuka (56 balapan), Motegi (60), Losail (48), Fisco / Fuji (8), Sepang (59), Shah Alam (21), Johor (3), Shanghai (12), Istanbul Park ( 9), Sentul (6) dan Buriram (3).
  5. Pembalap Asia telah berhasil memenangkan 44 dari 285 balapan, atau 15,4%, masing-masing berasal dari Jepang. Yang terakhir adalah Kaito Toba di kelas Moto3.
  6. Honda adalah pabrikan yang memiliki jumlah kesuksesan terbesar di Asia. Dengan 23 kemenangan sejak 2002 dengan sembilan pembalap berbeda: Dani Pedrosa (7), Marc Marquez (6), Valentino Rossi (3), Marco Melandri (2), Makoto Tamada (1), Max Biaggi (1), Casey Stoner (1), Sete Gibernau (1) dan Alex Barros (1).
  7. Yamaha, menang 19 kali menang di Asia dengan empat pembalap yang berbeda. Yaitu Valentino Rossi (11), Jorge Lorenzo (6), Max Biaggi (1) dan Maverick Villales (1).
  8. Kemenangan Ducati terakhir dengan Dovizioso di Qatar. Sedangkan untuk Suzuki, hasil terbaik adalah tempat kedua di 2002 oleh Akira Ryo di Suzuka dan Alex Rins di Sepang tahun lalu.
  9. Buriram adalah sirkuit ke-37 di mana Rossi berlomba dalam karirnya, serta salah satu dari empat sirkuit di mana dia kalah. Yang lainnya adalah Austin, Red Bull Ring dan Aragon.
  10. Di Asia Rossi ibarat matahari yang bersinar. Yang telah memenangkan balapan paling banyak, dengan 14 keberhasilan: Sepang (5), Losail (4), Suzuka (2), Shanghai (2) dan Motegi (1)

Benua Kuning merupakan sebutan untuk Benua Asia. Sebutan ini muncul karena masyarakat Asia mayoritas ras mongoloid yang berkulit kuning. Sebutan itu dahulu kala digunakan oleh masyarakat Eropa untuk menyebut Benua Asia.

Trending Artikel Minggu Ini ( Top5):

  1. Quartararo Diincar Red Bull dan Honda? Logo Monster Sudah Di Depan Mata El Diablo !
  2. Jorge Lorenzo Girang dan Sangat Cocok di KTM, Berikut Alasannya !
  3. Dulu Rossi Menunggu Lawan di Dua Lap Terakhir, Sengaja Ajak Duel Demi Tontonan Greget !
  4. Puig: Honda Motor Sulit Yamaha Mudah, Tapi Pembalap Baru Yamaha Tidak Konsisten !
  5. Dovizioso Merasa Aneh dengan Marquez yang Tidak Terpengaruh dengan Perubahan Ban Michelin!

Leave a Reply