Gugatan Pelanggaran Hak Cipta ‘Vespa’ ke Produsen China Kalah !

RiderTua.com – Motor, Pengadilan Eropa yang menangani gugatan pabrikan raksasa sepeda motor Italia, Piaggio memutuskan pabrikan Tiongkok tidak melanggar hak kekayaan intelektual salah satu skuter ikonik Piaggio ( Vespa LX ). Gugatan Pelanggaran Hak Cipta ‘Vespa’ ke Produsen China Kalah !

Gugatan Pelanggaran Hak Cipta ‘Vespa’ ke Produsen China Kalah !

Intellectual Property Office (EUIPO) atau Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa pada hari Selasa memutuskan bahwa skuter andalan industri Zhejiang Zhongheng memiliki “ciri khasnya sendiri” bila dibandingkan dengan Piaggio Vespa LX. Alasannya skutik China memiliki garis desain yang lebih bersudut dibandingkan dengan merk Vespa yang cenderung membulat atau oval.

Uni Eropa memberi lampu hijau untuk skuter ‘Vespa’ asal Cina itu. Bebas dari klaim meniru varian skutik Italia legendaris terlaris dan abadi itu.

“Tidak ada risiko kebingungan di kalangan pengguna informasi,” para hakim menyimpulkan.

Keputusan pengadilan Luxemburg itu muncul setelah proses selama lima tahun. Pertama kali diajukan oleh Piaggio dengan kasus dugaan pelanggaran hak kekayaan intelektual ke UE. Mereka mengklaim bahwa pendaftaran produk skuter Uni Eropa Zhejiang itu melanggar hukum. Karena mencontek desain Vespa ikonik, yang sudah ada di pasaran sejak 1946. Keputusan pengadilan, menyisakan kekhawatiran dari produsen pabrikan Italia tentang penjualannya.

Sejak 2008, lebih dari 1,6 juta Vespa versi terbaru telah diproduksi dan dijual di seluruh dunia. Tahun lalu penjualan Vespa tumbuh 16 persen setelah menyentuh rekor penjualan tertinggi pada 2017.

Pada bulan Maret, model Vespa GTX terpilih sebagai “Scooter of the Year” di Motorrad Awards yang bergengsi di Jerman. Sedangkan untuk seri LX, adalah model pertama yang dirilis pada 2006. Perpaduan antara desain old-school dari Vespa dengan fitur yang lebih modern. Nama LX mempunyai arti angka Romawi untuk angka 60. Sebagai peringatan tahun ke 60 ( 1946 ~ 2006) .

Be the first to comment

Leave a Reply