Mulai Tahun 2021, Honda Stop Jual Mesin i-DTEC

0

RiderTua.com – Pasti sudah banyak yang tahu soal mesin berteknologi VTEC dan i-VTEC. Mesin jenis ini merupakan hasil pengembangan oleh Honda, dan kini banyak digunakan pada semua jenis model Honda. Mulai tahun 2021, Honda stop jual mesin i-DTEC.

Baca juga: Jadi LCGC Termahal, Fitur Apa Saja yang Ada di Honda Brio Satya ?
2018 Civic i-DTEC Diesel

Mulai Tahun 2021, Honda Stop Jual Mesin i-DTEC

Tapi masyarakat Indonesia pasti belum familiar dengan mesin i-DTEC. Walau dikembangkan oleh Honda, i-DTEC tidak disematkan pada hampir semua jenis mobil Honda. Apalagi jarang ditemukan mobil di Indonesia yang menggunakan mesin tersebut.

Beberapa mobil Honda yang menggunakan mesin i-DTEC yaitu Accord mesin N22B2, CR-V N22B, dan Civic N22A. Sebenarnya masih ada lagi mobil lainnya yang memiliki mesin ini.

Namun Honda diketahui akan segera mengakhiri produksi mesin i-DTEC, termasuk penjualannya, pasa tahun 2021 mendatang. Alasannya tentu saja agar digantikan dengan mesin yang lebih ramah lingkungan, seperti hybrid atau listrik.

Honda CR-V Diesel i-DTEC

Dengan penghentian varian mesin ini, jumlah varian mobil Honda akan terpotong sepertiga dari total mobil yang ada sekarang. Sepertinya cukup banyak mobil yang menggunakan i-DTEC.

Mesin diesel kini perlahan ditinggalkan oleh produsen otomotif. Bahkan negara Eropa sudah berencana untuk melarang penjualan mobil berdiesel. Kalau masih ada, mungkin akan dipatok pajak yang tinggi. Ini karena diesel dianggap memberi polusi udara yang lebih banyak daripada mesin bensin biasa.

Referensi: Autonetmagz.com (24/09/2019)

Leave a Reply