Sebelum Produksi Datsun, Pabrik Nissan Terakhir Produksi Mobil Ini

0
nissan grand livina special version 2018
Nissan Grand Livina pre-facelift (Foto: RajaMobil.com)
nissan grand livina special version 2018
Nissan Grand Livina pre-facelift (Foto: RajaMobil.com)

RiderTua.com – Kabar mengenai ditutupnya pabrik Nissan di Indonesia sempat ramai dibicarakan. Penutupan ini dikatikan dengan masalah yang menimpa produsen mobil ini. Seperti melakukan PHK lebih dari 12 ribu pekerjanya, termasuk di Indonesia. Sebelum produksi Datsun, pabrik Nissan terakhir produksi mobil ini.

Baca juga: Soal Kabar Pabriknya Ditutup Dibantah oleh Nissan !
(Foto: YouTube)

Sebelum Produksi Datsun, Pabrik Nissan Terakhir Produksi Mobil Ini

Tapi setelah kabar tersebut beredar luas, Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan kalau kabar tersebut tidak benar. Sebenarnya pabrik yang dikatakan ditutup tersebut akan memproduksi mobil Datsun. Sehingga akan ada dua pabrik produksi Datsun dalam satu fasilitas yang dipegang oleh Nissan.

Pabrik tersebut sebelumnya memproduksi mobil Nissan. Kegiatan produksinya terakhir terlihat pada bulan Januari lalu. Tapi angka produksinya tidak terlalu besar.

Grand Livina (pre-facelift) sempat diproduksi disana, dan terakhir diproduksi sebanyak 96 unit. Setelah mendapat major facelift, produksi Livina kini ditangani oleh Mitsubishi, karena memang Livina dan Xpander menggunakan platform yang sama.

Kemudian ada X-Trail 2.5 CVT dengan 84 unit yang diproduksi pada bulan Januari lalu. Seterusnya hingga kini, produksi mobil SUV ini, termasuk Grand Livina, sudah tak terlihat lagi.

Kini kedua pabrik dalam satu fasilitas Nissan memproduksi mobil Datsun. Terdiri dari mobil LCGC GO dan Go+ Panca, sampai Cross. Dari periode Januari hingga Juli 2019, Nissan sudah memproduksi sekitar 2,7 ribu unit mobil Datsun.

Referensi: Detik.com (23/09/2019)

Leave a Reply