Sejarah Panjang Sedan Toyota Corolla di Indonesia

0

RiderTua.com – All New Corolla Altis Facelift baru diluncurkan pada tanggal 12 September lalu. Facelift ini membawa ubahan pada model sedan Toyota tersebut. Selain itu, dihadirkan pula model Corolla Altis Hybrid, yang menambah daftar mobil hybrid Toyota di Indonesia. Sejarah panjang sedan Toyota Corolla di Indonesia.

Baca juga: Toyota Tak Bawa Corolla Altis GR Sport dan Hatchback ke Indonesia

Sejarah Panjang Sedan Toyota Corolla di Indonesia

Corolla Altis Facelift merupakan generasi ke-12 dari sedan Corolla. Mobil ini sendiri pertama kali dibuat dan dijual sebagai generasi pertama pada bulan November 1966. Generasi pertamanya atau E10 saat itu hanya dirakit di Jepang dan Australia.

Corolla juga mendapat persaingan ketat dari Nissan Sunny, yang kebetulan juga diluncurkan di tahun yang sama. Beberapa tahun setelahnya, muncul Honda Civic dan Mitsubishi Lancer. Walau begitu, Corolla sudah menjadi salah satu mobil terlaris sedunia.

Corolla baru masuk ke Indonesia pada tahun 1972 sebagai generasi kedua. Model yang disebut sebagai Corolla E20 ini dirakit di pabriknya yang berlokasi di Jakarta Utara pada saat itu. Corolla terus diproduksi di Indonesia sampai pada generasi ke-9, dimana saat itulah mulai dinamai sebagai Corolla Altis. Sejak saat itu, semua model setelahnya diimpor dari luar negeri.

Jika penjualannya dihitung dari tahun 1972 sampai sekarang, Corolla sudah terjual hingga lebih dari 147 ribu unit. Angka yang cukup besar bagi mobil sedan ini. Walau sebenarnya segmen sedan di Indonesia terus menciut lantaran terus tergeser oleh segmen lainnya yang lebih mendominasi, seperti MPV dan SUV.

Referensi: Liputan6.com (13/09/2019)

Leave a Reply