Indonesia Siapkan Fasilitas Uji Tabrak

1

RiderTua Blog – Fasilitas uji tabrak atau crash test memang tidak banyak dimiliki oleh setiap negara. Biasanya satu wilayah yang terdiri dari beberapa negara memiliki satu fasilitas crash test. Seperti contohnya ASEAN NCAP, Euro NCAP, dan IIHS. Indonesia siapkan fasilitas uji tabrak.

Baca juga: Inilah Daftar Merek Mobil Penyumbang Emisi Terbanyak

Indonesia Siapkan Fasilitas Uji Tabrak

Rencana ini sebenarnya sudah dicanangkan sejak lama. Namun entah mengapa belum terealisasi. Sampai akhirnya rencana tersebut dilakukan, bersamaan dengan rencana pembangunan fasilitas pengujian kendaraan listrik.

Tetapi banyak hal yang harus dilakukan sebelum membangun fasilitas crash test. Seperti sistem pengujian serta syarat ujit tipe atau layak dari suatu kendaraan. Aturan ini masih terus dikaji.

Dikatakan akan ada dua teknis pengujian, yaitu dari pihak Kemenhub dan yang dilakukan sendiri oleh pihak produsen. Jika sudah selesai, maka bisa memproses sertifikat uji tabrak.

Sepertinya Indonesia bakal memiliki rating uji tabraknya sendiri. Mungkin nantinya tidak lagi tergantung pada hasil tes dari luar negeri. Tapi sepertinya hasil tes yang sudah dilakukan di luar sana masih dibutuhkan untuk sebagai data perbandingan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, rencana pembangunan fasilitas uji tabrak ini dikaji bersamaan dengan pembangunan fasilitas pengujian kendaraan listrik. Proses pembangunan proving ground akan dimulai tahun depan dan bisa dioperasikan pada tahun 2021.

Referensi: Kompas.com (01/09/2019)

1 COMMENT

  1. Kabar bagus, semoga dengan dibangunnya lembaga uji tabrak begini…
    Gak akan lagi ada mobil kaleng sehingga keamanan dan keselamatan tetap terjaga dan tak memandang harga… Karena keamanan dan keselamatan jadi hal yang wajib…

Leave a Reply