Motopedia : Yamaha FS1-E, Motor atau Sepeda? Lihat Bayangan di Bawah Motor, Tidak Perlu SIM !


RiderTua Blog –  Bagi penyuka sepeda motor tentunya penampakan motor diatas tidak asing lagi bagi kita. Namun ada juga yang masih bertanya-tanya, motor apa gerangan? karena termasuk motor ABG ( Angkatan Babe Gua). Ada yang sedikit berbeda dengan motor merk Yamaha kali ini. Coba kita amati bayangan motor dibagian bawah !.. Benar akan terlihat samar-samar bayangan sepasang pedal…  Yamaha FS1-E, Motor atau Sepeda? Lihat Bayangan di Bawah Motor, Tidak Perlu SIM !

Ya.. memang Yamaha FS1-E masuk dalam ketegori Moped (motor berpedal) adalah tipe sepeda motor dengan cc kecil dan berpedal. Dibuat sebagai sarana transportasi yang sederhana, murah dan tidak memerlukan SIM. Dengan berkembangnya teknologi evolusi moped menjadi rancu dan namanya tetap dipakai untuk varian motor bebek dan skutik. Dibeberapa negara motor roda tiga dan roda empat dengan tenaga kecil kadang-kadang juga masuk dalam kategori moped.

Yamaha FS1-E adalah produk motor merk Jepang yang khusus dibuat untuk negara Inggris. Adalah moped dengan kubikasi 49cc, yang diperbolehkan dikendarai oleh pengendara berusia 16 tahun. Namun jangan anggap remeh motor ini paling cepat dari merk motor lain di kelasnya. Menjadikannya motor yang paling dicari di dunia. untuk mereka yang berusia di bawah 17 tahun.

Yamaha mengembangkan FS1-E khusus untuk Inggris (inisial E ditambahkan untuk England), secara aturan hukum perlu dipasang pedal agar bisa masuk dalam kategori moped. Pedalnya tidak terlalu efektif, karena daripada mengayuh akan jauh lebih mudah dengan mendorongnya. Namun aturan tetaplah aturan yang mengharuskan ada pedal.

Yamaha FS1-E dengan mesin satu silinder, 2 tak, 49cc, tenaga yang dikeluarkan 4.8 tenaga kuda (hp) on crank, rotary disc-valve. Tenaga dari mesin mungil ini disalurkan roda belakang melalui transmisi 4-speed dengan bantuan rantai. Menariknya sebelumnya motor ini dibuat dengan transmisi 5-speed tetapi karena dinilai terlalu cepat dan sekali lagi untuk mematuhi tingkat keselamatan maka diturunkan menjadi 4 speed. Yamaha FS1-E walau ber-cc kecil namun bisa melaju hampir 100 km/ jam ( tepatnya 96.6 km/jam)…

Fizzie adalah “panggilan sayang” untuk motor Yamaha FS1-E ini.. Masuk akal jika menjadi motor kolektor dimana jika kondisinya bagus motor ini menurut silodrome.com bernilai £ 2.000 hingga £ 2.400 setara Rp 41,599,320.

Artikel Terkait :

1 Comment

Leave a Reply