Marketshare Daihatsu Meningkat Walau Penjualan Menurun

(Foto: viva)

RiderTua Mobil – Penyelenggaraan Pilpres dan Pemilu umum ternyata berdampak pada penjualan mobil di Indonesia. Tercatat sekitar 587 ribu unit mobil yang terjual di periode Januari-Juli 2019, atau turun sebesar 11 persen. Marketshare Daihatsu meningkat walau penjualan menurun.

Baca juga: Daihatsu Gandeng Toyota Buat Mobil Listrik ?
(Foto: Liputan6.com)

Marketshare Daihatsu Meningkat Walau Penjualan Menurun

Penurunan ini juga berdampak terhadap penjualan Astra Daihatsu Motor (ADM). Walaupun penurunannya hanya 9,6 persen saja. Meskipun begitu, masih ada hal bagus lainnya dari ini.

ADM mencatat marketshare-nya meningkat menjadi 17,2 persen. Jika dirinci, secara retail sebesar 17,2 persen dan wholesales 17,5 persen.

Dari total penjualan tersebut, Sigra menjadi mobil Daihatsu terlaris dengan 29.923 unit terjual. LCGC 7 penumpang ini masih tetap laris manis dan mendominasi penjualan Daihatsu sebesar 30 persen, meskipun pasarnya sedang menurun. Apalagi Sigra jarang melakukan facelift layaknya Terios atau Xenia.

Posisi kedua penjualan ada Gran Max pickup yang terjual 19.658 unit dan menyumbang 19 persen total penjualan. Di bawahnya ada Xenia dengan 14.102 unit atau 14 persen. Sementara Ayla dan Terios di kisaran atas 12 ribu unit dengan persentase 14 atau 12 persen.

Setelah Pemilu usai, ADM dan produsen mobil lainnya akan memasuki babak baru pasar otomotif Indonesia. Entah apakah Daihatsu akan membawa model baru atau tidak untuk menggenjot penjualan, seperti yang dilakukan oleh aliansinya, Toyota.

Referensi: Otosia.com (18/08/2019)

Be the first to comment

Leave a Reply