Mobil Listrik di Indonesia ‘Wajib Bersuara’, Bagaimana Tesla ?

tesla model 3
(Foto: CleanTechnica) tesla model 3

RiderTua Mobil – Namanya mobil listrik tentu berbeda dengan mobil bensin. Jika mobil bensin mengeluarkan suara mesin, tidak dengan mobil listrik karena suara mesin yang dihasilkan sangat minim. Bahkan hampir tidak bersuara sama sekali. Mobil listrik di Indonesia ‘wajib bersuara’, bagaimana Tesla.

Baca juga: Setelah Model X dan S, Tesla Model 3 akan Hadir di Indonesia
tesla zero emisi
tesla zero emisi

Mobil Listrik di Indonesia ‘Wajib Bersuara’, Bagaimana Tesla ?

Namun keheningan mobil listrik ini menjadi masalah di Indonesia. Saking heningnya, pengguna jalan tidak tahu kalau akan ada mobil listrik yang melintas. Jika tidak waspada, maka bisa berpotensi terjadi tabrakan.

Untuk itulah, diterbitkan Peraturan Menteri (PM) tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor dengan Motor Penggerak Menggunakan Motor Listrik. Isinya mengenai mobil listrik harus memiliki suara.

Aturan ini mendapat respon yang beragam. Tetapi sebagian besar menanggap hal itu tidak masuk akal, karena memang mobil listrik tidak didesain untuk mengeluarkan suara mesin layaknya mesin bensin.

tesla model x
(foto: theverge.com) tesla model x

Prestige Image Motorcars mengatakan kalau mobil listrik seperti Tesla bisa ditambahkan suara jika diperlukan. Padahal, Tesla sudah jauh hari merencanakan penambahan suara untuk mobilnya.

Bekerja sama dengan perusahaan audio Harman, Tesla akan memiliki suara yang sama dengan mesin bensin V8. Walaupun sebenarnya CEO Tesla, Elon Musk, mengatakan suara tersebut hanya berbunyi saat mendeteksi keberadaan pejalan kaki atau kendaraan lain.

Entah kapan bisa diterapkan pada semua mobil listrik Tesla. Yang jelas, rencana ini mungkin menjadi tonggak mobil listrik di seluruh dunia.

Referensi: Detik.com (12/08/2019)

1 Comment

Leave a Reply