Superbike Pertama Motor Cina dari CFMoto 1000cc V-twin? Mesin KTM !

RiderTua.com – Konsep motor ini sudah nongol dengan nama V.02-NK pada tahun 2017. Pabrikan roda dua Tiongkok “CFMoto” diberitakan sudah mengambil langkah besar dengan dirilisnya gambar paten yang menunjukkan detail dari versi final-produksi mesin V-twin 1000cc yang berbasis KTM. Kolaborasi CFMoto dan KTM sangat kuat, salah satu wujudnya adalah berbagi desain racikan rumah desain asal Austria KISKA untuk model mereka saat ini. Di Cina CFMoto membangun dan menjual KTM di bawah merek KTM R2R. Mesin yang bersemayam dalam motor konsep V.02-NK adalah turunan dari KTM : KT8 V-twin. Namun berdasarkan gambar paten menunjukkan bahwa motor telah dirombak hampir total khusus untuk CFMoto. Superbike Pertama Motor Cina dari CFMoto 1000cc V-twin? Mesin KTM !

Mesin 999cc KTM LC8

Dilansir bennetts.co.uk, motor produksi CFMoto ini diyakini memiliki kapasitas mesin 999cc, dengan konfigurasi berbagi dengan KTM LC8 engine-75 derajat V-angle. Namun perlu dicatat bahwa kepala silinder di V.02-NK – sangat berbeda dari versi mesin asli KTM. Motor ini diyakini akan diproduksi di China sebelum akhir tahun 2020.

Dari gambar paten mesin juga bisa dilihat water pump radiator berada di sisi kanan mesin menunjukkan model  yang terhubung dengan radiator model konvensional (di depan). Dimana pada model konsep V.02-NK memiliki radiator bawah-jok motor yang tidak konvensional yang diumpankan oleh saluran-saluran serat karbon besar di kedua sisi motor, dan sebagai hasilnya outlet water pump-nya menghadap ke belakang.

Superbike Pertama Motor Cina dari CFMoto 1000cc V-twin? Mesin KTM !

Di bagian depan mesin, bak tangki olinya terpisah tidak dibawah karter ( dry sump oil ) juga beda dengan model KTM. Dan semua bagian penutup baut pada mesin dirancang khusus untuk versi CFMoto. Dengan indikasi re-design ini artinya tidak menutup kemungkinan akan diproduksi dengan genre berbeda dari konsepnya. Bisa jadi motor adventure atau tourer, atau menjadi Superbike pertama pabrikan asal Cina dengan mesin paten CFMoto V-twin baru ini. Awalnya kemunculannya memang diduga kuat beraliran naked street bike.

Produksi mesin V-twin dijadwalkan akan dimulai sebelum akhir tahun 2020. Beritanya perusahaan Cina ini akan meluncurkan varian baru dengan mesin 700cc parallel twin untuk menggantikan model 650cc yang sudah diproduksi CFMoto.

Be the first to comment

Leave a Reply