Fitur ABS Belum Wajib untuk Sepeda Motor ? Ini Kata Pihak Honda

 


RiderTua Motor – Anti-lock Brake System (ABS) adalah salah satu fitur keselamatan yang membuat kita pede di jalan yang kurang grip atau saat pengereman mendadak. Dimana fitur ini mampu mencegah rem mengunci, ban selip dan bisa mengakibatkan sepeda motor jatuh. Perangkat ini di beberapa negara sudah menjadi wajib, namun di Indonesia belum ada kebijakan dari pemerintah. Fitur ABS Belum Wajib untuk Sepeda Motor

Fitur ABS Belum Wajib untuk Sepeda Motor ?

Meskipun peran fitur ini penting bagi keselamatan namun alat ini tidak lantas ada di semua varian sepeda motor. Berikut penjelasan Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya: “Penempatan suatu fitur pada produk sepeda motor bergantung pada beberapa hal. Kita harus melihat, fitur dan teknologi ini cocok digunakan pada mesin seperti apa. Apakah dibawah 150 cc atau 250 cc, kita lihat itu,” kata Thomas seperti dilansir kompas (2019/08/05).

Selain dilihat jenis motornya, hal lain yang menjadi pertimbangan adalah harga produk yang ditawarkan. Menurut Thomas fitur ABS masih merupakan fitur dengan harga mahal. Fitur keselamatan motor di bawah 150 cc atau sampai 250 cc, yang digunakan di jalanan Jakarta, dengan kondisi macet belum butuh ABS. ABS akan lebih berguna untuk berkendara dalam jarak jauh. Selain itu juga dilihat bagaimana karakter pengguna motor itu, tutup Thomas. Saat ini produk matik Honda yang memakai ABS adalah ADV 150, PCX 150, dan SH150.

Be the first to comment

Leave a Reply