Alex Rins Percaya ‘Angin Jahat’ Assen Sebabkan Jatuhnya Si Gesit GSX-RR !


RiderTua MotoGP – Pembalap MotoGP Suzuki Ecstar, Alex Rins alami crash di lap ketiga di tikungan sembilan seri Assen. Mulai dari barisan depan, Rins turun dengan kecepatan yang mengerikan dengan si gesit GSX-RR. Dengan meyakinkan dia memimpin di lap awal GP Belanda dengan motor yang terbukti lincah di tikungan. Namun pada pertengahan lap ketiga Rins kehilangan grip depan GSX-RR-nya di tikungan T-8 (De Bult). Alex Rins percaya ‘Angin Jahat’ Assen sebabkan jatuhnya Si Gesit GSX-RR !

Alex Rins Percaya ‘Angin Jahat’ Assen Sebabkan Jatuhnya Si Gesit GSX-RR !

Angin di sirkuit Assen saat itu memang “jahat”. Pembalap Yamaha merasakan goncangan hebat saat melaju kencang di trek lurus. Kini pembalap Suzuki juga merasa kena dampaknya. Dia percaya angin kencang menjadi penyebab kecelakaan di awal balapan di trek Belanda, Assen.

Ketika ditanya bagaimana hal itu terjadi padanya, Rins menjelaskan: “Saya melakukan start yang sangat baik, dan saya mengendarai dengan penuh percaya diri. Tetapi kemudian, pada saat keluar dari tikungan sembilan, bagian depan tidak seperti biasanya dan kemudian saya menginjak rem dengan sangat keras memasuki tikungan sembilan dan saya kehilangan grip bagian depan motor.”

Menurut Rins angin adalah faktor penyebabnya, karena datang dari depan dia. Setelah wheelie (roda depan terangkat), bagian depan turun lagi. Jadi ini bukan masalah ( motornya), tapi kemudian Rins menginjak rem di titik yang sama dan terjadi crash yang aneh. Banyak yang percaya bahwa Rins memiliki kecepatan untuk menantang barisan depan. Rins percaya dengan kecepatan balapnya, walau dia mengatakan juga sekarang menjadi poin perdebatan.”Saya yakin pada kecepatan balap (race pace) kami untuk dapat mengikuti Maverick Vinales dalam memperebutkan kemenangan atau posisi kedua,” kata Rins.

Suzuki Bisa Kalahkan Yamaha ?

Yang jelas hasil akhirnya seperti ini dan tim Suzuki Rins sudah melakukan pekerjaan akhir pekan yang baik. Mereka kehilangan kesempatan untuk menang namun ritme motor Suzuki sudah bagus. Dan Rins juga belum yakin dengan karakter yang sama dengan Yamaha tidak akan pernah tahu apakah dia bisa menang atau tidak, apakah dia bisa mengalahkan Maverick atau tidak. Namun dilihat dari power mesin saat ini Suzuki masih diatas Yamaha hingga tes seri Catalunya.

Be the first to comment

Leave a Reply